" Maaaa ... Mau Mi Cuuuuu ... ". Â Senang yaa , ketika bunda melihat si kecil sudah mulai bisa mengucapkan sepatah , dua patah kata . Walaupun cara ia melafalkan tiap kalimat masih belum terlalu jelas , tapi setidaknya cukup bagi bunda dapat memahami apa yang si kecil mau dan yang ia inginkan .Â
Early Childhood Language , atau biasa kita sebut sebagai gaya berbahasa anak usia dini , yang tentunya cara pengucapan maupun penyampaian mereka berbeda dengan apa yang biasa dilakukan oleh orang dewasa pada umumnya , walaupun sama - sama disebut sebagai cara berbahasa .
Sebab pada usia si kecil kosakata yang mereka miliki , serta yang mereka ingat tidak sebanyak orang dewasa , hanya mungkin beberapa kata yang sering mereka dengar dari orang disekitarnya . Â
Pada umumnya , ketika usia si kecil kian bertambah , kebanyakan dari mereka sering menirukan ucapan orang orang yang ada disekelilingnya dengan artikulasi yang masih belum terlalu jelas , namun hal tersebut kerap menjadi pusat perhatian bagi orang yang melihat dan mendengarkannya , karena akan terdengar menggemaskan saat ia berbicara .
Oleh karena itu sebagai pendidik dan orang tua tentunya untuk mengajarkan mengenai berbahasa yang benar sesuai jenjang usia  mereka .Â
Mengapa kita perlu mengetahui perkembangan berbahasa si kecil ?
Sebab , memahami perkembangan berbahasa pada anak sangatlah penting , apalagi sebagai orang tua mereka , dalam hal ini tidak bisa untuk dianggap sebagai sesuatu hal yang remeh . Karena kemampuan bahasa seorang anak akan berpengaruh terhadap pencapaian akademik dan juga masa dewasanya kelak . Perkembangan yang terjadi pada usia mereka ini berlangsung secara aktif dan pesat .
Apabila usia tersebut perkembangan berbahasa anak tidak berlangsung sesuai dengan yang seharusnya , maka akan menimbulkan keterlambatan proses berbahasa , yang nantinya akan mengarah pada gangguan kebahasaan .Â
Berbahasa merupakan sebuah proses yang bersifat kompleks , dan tidak terjadi secara begitu saja , akan tetapi memerlukan suatu proses yang berkembang serta bertahap dari kurun waktu ke waktu .
Abdul Chaer (2005 : 161) menyatakan bahwa proses pemerolehan bahasa merupakan bagian yang penting dalam kemampuan berbahasa tiap -tiap individu  . Proses pemerolehan bahasa tersebut berlangsung di dalam otak anak - anak ketika mereka memperoleh bahasa pertamanya .Â