Mohon tunggu...
Shofie Fachrunnisa
Shofie Fachrunnisa Mohon Tunggu... Mahasiswa

Shofie Fachrunnisa 19 tahun Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Tetap Produktif di Tengah Pandemi Covid-19, Seminar Online Ramai Diminati

11 Juni 2020   01:00 Diperbarui: 11 Juni 2020   01:08 456 3 0 Mohon Tunggu...

Pada masa pandemic covid-19 ini banyak aktivitas masyarakat yang terganggu dan terhenti akibat adanya penerapan social distancing dan physical distancing yang di terapkan untuk menekan angka penyebaran virus Covid-19 yang meresahkan semua orang. Aktivitas di bidang pendidikan-pun menerima dampaknya yakni diliburkannya sekolah dan perkuliahan. 

Sebagai gantinya kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring atau online menggunakan berbagai macam aplikasi untuk bertatap muka lewat video call, pengerjaan tugas-tugas sekolah dan perkuliahan juga dikirim secara online melalui email dan semacamnya.

Kaum pelajar dan mahasiswa biasanya tak cukup hanya meraih ilmu dari instansi dimana mereka belajar, untuk itu mereka menambah ilmu mereka dengan mengikuti seminar. 

Seminar merupakan sebuah bentuk pengajaran akademis, yang diberikan baik di oleh universitas maupun diberikan oleh suatu organisasi komersial atau professional. Seminar ini diadakan oleh sekelompok orang dengan tujuan untuk membahas suatu topik tertentu dan mencari solusi terhadap permasalahan dengan cara interaksi tanya-jawab. 

Seminar memiliki banyak manfaat terutama bagi kaum pelajar dan mahasiswa selain untuk menambah ilmu pengetahuan di dalam seminar biasanya peserta juga mendapatkan rangkuman materi dan sertifikat yang berguna untuk melengkapi SKPI bagi mahasiswa selain itu sertifikat yang kamu dapatkan dari mengikuti seminar akan sangat bermanfaat saat seseorang sedang melamar pekerjaan. 

Seminar sangat popular dan diminati di kalangan mahasiswa dan pelajar karenanya tidak heran jika mereka rela untuk mengikuti seminar yang mematok harga tiket cukup mahal karena manfaat yang didapatkannya sebanding. Seminar tidak selalu berbayar, ada juga yang mengadakan seminar secara gratis.

Pada saat Physical Distancing ditegakkan, banyak jadwal seminar yang akan diadakan indoor maupun outdoor untuk kedepannya terpaksa ditunda bahkan dibatalkan sampai pada waktu yang tidak ditentukan.

Tentu saja ini membuat pelajar dan mahasiswa yang gemar mengikuti kegiatan seminar menjadi sedih dan kecewa. Namun pihak-pihak penyelenggara seminar tak kehabisan akal, sekarang di tengah masa pandemic ini Kegiatan seminar yang produktif mulai banyak diadakan secara daring atau online. 

Seminar online atau yang biasanya disebut dengan webinar ini banyak diselenggaran melalui via google meet, Zoom, Youtube live streaming, IG live streaming, bahkan grup chatt Whatsapp. 

Peminatnya juga tidak berkurang melainkan bertambah banyak, pesertanya-pun bukan hanya dari kalangan kaum pelajar dan mahasiswa namun juga para ibu-ibu muda, pengusaha pemula dan lain-lain. 

Seminar ini banyak digandrungi karena kita bisa ikut gabung seminar dari rumah sambil bersantai ataupun melakukan kegiatan lainnya sehingga peserta bisa melakukannya secara multitasking, terlebih lagi penyebaran brosur online seminar ini sangat mudah dan efesien karena hanya perlu membagikannya pengumumannya melalui via sosial media. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN