Mohon tunggu...
shobri abdulkarim
shobri abdulkarim Mohon Tunggu... Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Arab Ar-raayah Sukabumi

.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Ada Namamu dalam Mimpiku

9 Maret 2021   11:37 Diperbarui: 12 Maret 2021   10:01 133 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ada Namamu dalam Mimpiku
Gambar ilustrasi (sumber pixabay.com)

Bismillah,

Siapa diantara kita yang tidak pernah bermimpi ketika tidurnya. Bahkan Sering sekali kita bermimpi, dan terkadang mimpi itu dapat membuat seseorang sedih maupun membuat seseorang gembira. 

Jika kita bermimpi bertemu seseorang yang kita harapkan berjumpa dengannya terkadang hati kita merasa senang dan gembira. Dan jika mimpi itu buruk terkadang membuat hati kita sedih.

Tahukah kita bahwa mimpi ada 3 macam, yang pertama adalah mimpi buruk yang itu datang dari syaiton. Mimpi kedua adalah mimpi yang menggelisahkan (yang berupa bisikan hati) dan biasanya mimpi ini datang kerena ada sesuatu dibenak seseorang baik di dalam hati maupun fikiran, yang kemudian terbawa sampai ke dalam mimpinya. Dan yang ketiga adalah mimpi yang merupakan kabar gembira (ruqyah shodiqoh) yang itu datang dari Allah subhanahu  wa ta'ala.

Disebutkan oleh al-Hafidz ibnu hajar dalam kitabnya fathul bari syarah shahih bukhari ia berkata ibnu abdil barr meriwayatkan bahwa Imam abu dawud رحمه الله pernah suatu ketika melakukan perjalanan dengan perahu dalam safarnya untuk mencari hadits. Belum lama Imam Abu Dawud berada di atas kapal, beliau mendengar seseorang yang bersin di tepi pantai.

Maka Imam Abu dawud berkata kepada pengemudi kapal untuk berhenti dan menurunkannya. Tetapi pengemudi tersebut menolak, yang akhirnya Imam Abu dawud harus membayar pengemudi tersebut dengan uang dirham satu-satunya yang ada disakunya. Kemudian turunlah Abu Dawud dan segera mendatangi orang yang bersin tadi seraya  mengucapkan "yarhamukallah", kemudian kembali lagi ke kapal. 

Maka orang-orang yang berada di atas kapal tersebut heran dengan perbuatan Imam Abu Dawud tadi dan berkata : "wahai fulan, apakah kamu membayar satu dirham lalu turun dari kapal hanya untuk mengucapkan doa tersebut.?" beliau menjawab: "Mungkin orang tersebut memiliki doa yang mustajab." (sehingga ketika orang itu membalas doa dari beliau dengan ucapan "Yahdikumullah wa Yushlihu Balakum" akan dikabulkan).

Ketika malam tiba dan semua orang yang ada dikapal tersebut tidur, terdengarlah dalam mimpi mereka bahwah Abu dawud telah membeli surga dengan satu dirham yang ia berikan kepada pengemudi kapal tersebut.

Maka ketika pagi menjelang, semua orang yang ada di kapal tersebut tidak ada yang berbicara mengenai mimpinya. Sampai ada seseorang berkata : " Apakah ada seseorang dikapal ini yang bernama abu dawud.?"

Maka berkata salah seorang dari mereka bahwa Abu Dawud adalah orang yang membayar satu dirham untuk turun dari kapal kemarin. Maka ia berkata: "Aku mendengar dalam mimpiku bahwa Abu Dawud telah membeli surga dengan satu dirham yang ia bayar tersebut. Maka orang-orangpun terkejut karena semua mimpi mereka sama..

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x