Mohon tunggu...
Shiq4
Shiq4 Mohon Tunggu... -

Saya bloger dan berusaha mempromosikan konten-konten saya di kompasiana. Tentu saja tulisan saya tetap berkualitas sebagaimana di blog sendiri.

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

Khusus Pemula: Cara Rahasia untuk Konsisten Menulis

30 April 2017   01:02 Diperbarui: 30 April 2017   02:25 3073 6 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Tantangan penulis di internet tidak hanya SEO. Meskipun Anda sudah memahami bagaimana SEO bekerja, tidak serta merta Anda akan menjadi penulis populer. Tantangan selanjutnya datang dari diri sendiri, yakni konsistensi.

Saya telah masuk tahun ke-3 sebagai penulis konten di internet. Dua tahun pertama rata-rata saya konsisten menulis setiap 2 atau 3 hari sekali. Dan tahun ini intensitas semakin bagus karena saya mampu konsisten menulis setiap hari.

Menulis untuk blog pribadi, menulis untuk klien, menjadi penulis tamu di blog lain, dan sekarang mencoba melebarkan sayap dengan berkontribusi di Kompasiana.

Dalam artikel ini saya akan memberitahu Anda cara rahasia agar konsisten menulis yang membuat saya mampu menghasilkan konten-konten bagus setiap hari. Anda tinggal membaca dan menemukan rahasia kecil penulis amatir yang baru saja meniti karir.

Pentingnya Memiliki Tujuan

Sejak saya ngeblog di tahun 2014, saya telah melihat betapa banyak penulis-penulis baru berhenti menulis. Entah itu bloger atau penulis di media-media yang menyediakan platform menulis di internet. Bukan karena mereka tidak berbakat, melainkan karena mereka tidak pernah tahu tujuan jangka panjang yang ingin mereka raih.

Tanpa ambisi, penulis tidak akan disiplin. Juga tidak fokus. Tapi apa yang yang lebih menyedihkan dari membohongi diri sendiri bahwa Anda menulis untuk berbagi ilmu atau bersenang-senang saja sementara tidak banyak orang yang membaca karya Anda?

Penulis butuh pembaca. Dan pembaca hanya mau meluangkan waktu berharga mereka untuk tulisan yang berbobot. Kalau penulis tidak punya tujuan seperti menerbitkan buku di penerbit mayor atau mendapatkan satu juta pembaca di internet, biasanya motivasinya sangat payah.

Baru mendapat sedikit hambatan akan mengeluh. Kemudian bermalas-malasan dan akhirnya berhenti menulis. Agar tidak terjadi yang demikian, tetapkan tujuan sejak pertama menulis. Itu akan membuat Anda punya semangat yang cukup untuk memperbaiki diri dan terus belajar menjadi penulis yang lebih baik.

4 Cara Rahasia agar Konsisten Menulis

Setelah menetapkan tujuan, maka untuk mencapai tujuan tersebut tentu membutuhkan konsistensi. Di titik inilah sesuatu yang disebut perjuangan dimulai. Berikut adalah apa yang harus Anda lakukan sejak pertama kali menerbitkan tulisan pertama :

1.Tulis Sesuatu yang Sudah Anda Pahami

Kesalahan yang sering saya lihat adalah penulis baru terlalu menitikberatkan pada topik-topik populer. Bahkan jika itu sesuatu yang tidak pernah mereka kuasai. Akibatnya sangat fatal. Bukan hanya tulisannya tidak berbobot, melainkan bisa membuat Anda stres sendiri.

Lama-Kelamaan Anda tidak lagi merasa senang dan mengganggap menulis sebagai beban. Ujungnya menjadi malas dan berhenti menulis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan