Mohon tunggu...
SHINTA CHOLIVIA APRILIANTI
SHINTA CHOLIVIA APRILIANTI Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Halo nama saya Shinta Cholivia Aprilianti bisa dipanggil Shinta, saat ini saya sedang menempuh pendidikan di UNUSA prodi Kesehatan Masyarakat.

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Pengalaman Hidup setelah Lulus Sekolah

2 November 2022   22:49 Diperbarui: 2 November 2022   23:06 576
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Pengalaman saya dibidang jasa TNI, POLISI, POLSUSPAS

Pada tahun lalu saya pernah mengikuti pendaftaran TNI AL, POLISI, POLSUSPAS. Pertengahan bulan maret saya mendaftar polisi gelombang 1 melalui online dan verifikasi bulan agustus tetapi saat itu saya tidak lolos karena tinggi badan saya kurang 1 cm, tetapi setelah itu saya tidak menyerah atau putus asa karena menurut saya kegalan adalah awal dari kesuksesan dan masih banyak waktu kesempatan. 

Kemudian saya latihan fisik dan psikotes setiap hari itu menurut saya buang - buang waktu dan tenaga dan tidak memungkinkan saya untuk daftar lagi di tahun depan karena ke gagalan saya di awal test.

Pertengahan bulan agustus 2021 saya mendaftar Bintara TNI AL jadwal validasi berkas waktu awal september saya validasi ditemani sama orang tua dengan semua berkas yg telah saya persiapkan.

Saat pengecekan berkas, alhamdulillah saya lolos dan pada hari itu juga pengecekan atau test darah, tinggi badan, berat badan dan masih banyak lagi, saya waktu pengecekan tinggi badan tidak lolos karena kurang 1 cm. 

Pada saat itu saya mulai down dan tidak semangat lagi untuk jadi abdi negara karena kegagalan saya uda di awal. Pada awalnya passion saya bukan di dibidang jasa tapi karena ini semua keinginan orang tua untuk saya jadi abdi negara.

Awal bulan desember ada pendaftaran ASN POLSUSPAS teman sekolah SMA mengajak untuk ikut daftar, pada waktu itu validasi berkas bulan januari di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Kebetulan saat tes saya dan teman saya terbagi  disesi yang berbeda.

Alhamdulillah saat pengecekan berkas semua lolos sampe ditahap pengecekan tinggi badan dan berat badan karena tinggi anggota POLSUSPAS cewe lebih pendek dari polri dan tni, pada saat test psikotes ada 100 soal dengan waktu 60 menit setelah test selesai muncul nilai saya mendapatkan nilai 655, ternyata saya tidak lolos karena minim nilai yg di dapat biar lolos ke tahap selanjutnya harus 700.

Setelah test pulang sampe rumah jam 21.00 brngkt jam 05.00. Pada akhir itu saya menyerah tidak lagi daftar abdi negara karena bisa buang-buang waktu dan setelah itu akhirnya saya mendaftar kuliah di unusa ambil prodi S1 Kesehatan Masyarakat, sebelumnya saya di SMA ambil jurusan IPS. 

Waktu setelah lulus SMA saya ber angan-angan kuliah ambil jurusan akutansi biar bisa bekerja di bank, tapi saya tau kalau jurusan kuliah pada dasarnya program studi pada perkuliahan bukan menjadi patokan pada pekerjaan kita.

Nama                              : Shinta Cholivia Aprilianti

NIM                                 : 21030022030

 

Prodi                               : Kesehatan Masyarakat

Universitas                   : Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

                     Tugas UTS Bahasa Indonesia

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun