Mohon tunggu...
shinta tedjaningsih
shinta tedjaningsih Mohon Tunggu... Lainnya - work at travel industry

Happy wife happy mom likes traveling, hiking, cycling and photograph

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Kashmir, Paradise on Earth

11 Juli 2022   07:35 Diperbarui: 11 Juli 2022   07:50 249 7 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber foto pribadi dari Yudi Purwadi

KASHMIR, PARADISE ON EARTH

Sore itu matahari terlihat sangat indah hendak menutup hari di danau Dal. Semburat cahaya jingga dalam warna gelap malam nampak begitu mempesona saat kami tiba di tepian danau.  

Danau Dal adalah daya tarik utama wisatawan berkunjung ke Srinagar ibukota Kashmir,  daerah India paling utara. Shikara , Perahu  tradisional terbuat dari kayu yang memiliki atap dan tempat duduk beralaskan bantal terlihat berjejer siap mengantarkan para penumpang yang hendak bermalam di houseboat.  

Di seberang danau terlihat beragam houseboat ,  rumah perahu mulai dari yang sederhana sampai dengan yang mewah. Semua yang berkunjung ke Kashmir pasti ingin mencoba bermalam  di  rumah perahu  yang menjadikannya salah satu tujuan utama berwisata ke Kashmir.

Sumber foto pribadi dari Yudi Purwadi
Sumber foto pribadi dari Yudi Purwadi

Perahu berpenumpang  empat orang  didayung  perlahan seakan agar kami menikmati suasana indah ini lebih lama. Pengayuh perahu  mengantarkan kami menuju salah satu houseboat yang sudah kami pesan sebelumnya melalui salah satu biro perjalanan. 

Kami memilih deluxe house boat dengan pertimbangan saat itu adalah akhir musim dingin dan kami menginginkan kenyamanan di dalam house boat dimana dalam tipe deluxe pemanas ruangan sudah menggunakan pemanas listrik dan tempat  tidurpun sudah menggunakan penghangat.

Mengapa banyak terdapat houseboat di Srinagar ? konon ini bermula saat masa kolonial Inggris, raja Kashmir saat itu tidak mengijinkan orang Inggris membangun dan membeli tanah di Kashmir, tinggal di rumah perahu adalah salah satu pemecahannya. Seiring berjalannya waktu,  makin lama makin banyak dan makin besar rumahnya. Tidak heran houseboat banyak yang bergaya Inggris.

House boat kami terdiri dari 3 kamar tidur, satu ruang tamu dan 1 ruang makan. Saat memasuki houseboat kami memekik kegirangan melihat dekorasi di dalam rumah yang sangat cantik colourfull dengan berbagai ornamen bunga seperti sulaman khas Pashmina shawl, sungguh indah sekali. 

Kami berkeliling ke setiap kamar melihat keindahan masing2 kamar, sungguh kamar2 yang menyenangkan. Sempat jadi pertanyaan bagaimana saluran pembuangan house boat ini, adakah septic tank karena danau nya tetap bersih dan tidak tercium bau yang kurang enak. Namun saya lupa bertanya pada pemilik Houseboat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan