Strategi Menghadapi Dampak Pandemi Covid - 19 Terhadap UMKM
Shindi Sri Mulyani dan Tia Ayu Kartika
Pandemi Covid - 19 telah membuat sebagian besar sektor dalam perekonomian mengalami guncangan. Salah satu sektor yang mengalami guncangan adalah sektor ekonomi UMKM. Hal ini dirasakan secara signifikan oleh para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM ) yang mengalami kritis ekonomi. Pasalnya, menurunnya daya beli masyarakat akibat pandemi Covid - 19 juga sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan usaha UMKM.Â
Di balik menurunnya pendapatan UMKM selama satu tahun, namun para pelaku usaha tetap harus mengembangkan usahanya. Ditengah perkembangan UMKM yang bisa dikatakan belum terlalu baik di awal tahun 2020 ini, UMKM di seluruh Indonesia kembali diuji dengan adanya wabah virus Covid - 19 di tengah masyarakat Indonesia.
Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM ) merupakan sektor perdagangan saat ini dihadapkan pada masalah penurunan penjualan. Kendala yang dialami oleh UMKM dalam situasi pandemi Covid - 19 ialah sulitnya memperoleh pemodalan, pelanggan menurun. UMKM melihat pandemi Covid - 19 dipelajari selama pandemi ini, pengetahuan tentang perilaku konsumen dalam menangani pandemi dan juga perilaku UMKM dalam menyikapi pandemi saat ini.
Masalah yang dihadapi UMKM tentunya tidak serta merta berjalan dengan lancar, khususnya bidang usaha yang saat ini bagi kalangan para UMKM. Berbagai permasalah yang diterima dan dipahami sehingga jika suatu usaha tersebut tidak mampu dan mau untuk lebih kreatif dari usaha tersebut, maka usaha tersebut dalam keadaan tetap dan bahkan sampai kepada kemunduran yang berakibat tutupnya usaha tersebut.Â
Oleh karena itu perlunya melihat berbagai gejala masalah yang timbul dari usaha mikro yang sering bagi pelaku usaha. Masalah yang sering dihadapi oleh para usaha mikro kecil dan menengah berupa terbatasnya modal yang dimiliki, sulitnya memperoleh bahan baku yang memiliki kualitas bagus serta harga yang dapat dijangkau oleh pelaku usaha mikro kecil dan menengah.
Strategi  UMKM menghadapi pandemi, perjalanan usaha tidak serta merta berjalan dengan baik begitu saja. UMKM punya strategi untuk bertahan di tengah krisis pandemi Covid - 19 apabila menerapkan strategi yang tepat. Usaha mikro kecil dan menengah bisa memfokuskannya pada hal berikut ini, dapat optimalkan penggunaan teknologi.Â
UMKM perlu memperbaiki proses bisnisnya, misalnya pembayaran bisa dilakukan secara online. Kemudian untuk memasarkan produk dan branding, UMKM dapat memanfaatkan media sosial dan aplikasi chatting. Kerja sama dengan start - up transportasi berbasis aplikasi pun akan membantu dalam menyediakan layanan delivery.Â