Mohon tunggu...
Shilvina Rizka
Shilvina Rizka Mohon Tunggu... Mahasiswa - sil

Bismillahirahmanirohim

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pentingnya Ngaji di Kalangan Milenial Zaman Sekarang

29 November 2021   13:34 Diperbarui: 29 November 2021   13:36 52 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Di zaman yang milenial seperti saat ini banyak hal yang dulu tidak ada dan sekarang ada, banyak yang dahulu aneh namun untuk saat ini di anggap biasa. Seperti hal yang kita lihat tidak jauh-jauh ini bahwasanya banyak remaja yang menjadi seorang begal, banyak remaja yang menjadi seorang bandar narkoba, banyak remaja yang menjadi pelayan sex, banyak remaja yang kecanduan minuman berakohol, banyak remaja yang menjadi korban dan pelaku pencabulan, dan lain sebagainya.

Peran agama di masa atau zaman saat ini sangat penting, dikarenakan pada saat ini pemuda penerus bangsa yang ada kualitasnya kekurangan ilmu agama, hal yang di larang di langgar bahkan dilegalkan di sebagian remaja.

Peran agama di sini adalah remaja membutuhkan ilmu agama yang lebih mendalam terkait keagamaan, ilmu tentang yang baik dan yang buruk untuk tubuh, ilmu tentang halal dan haram nya barang atau makanan yang masuk kedalam tubuh seseorang, dan lain sebagainya. Ilmu tersebut tentunya juga membutuhkan pedoman untuk menggali ilmu tersebut dan pedoman utama didalam pencarian ilmu disini adalah kitab kita kitab suci Al-Qur’an dan Sunnah lainnya seperti Hadist.

Didalam Al-Qur`an  surah Al Maidah Ayat 3 di jelaskan bahwasanya

Artinya: Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, dan (daging) hewan yang disembelih bukan atas (nama) Allah: yang tercekik, yang dipukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan yang diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu sembelih. Dan (diharamkan pula) yang disembelih untuk berhala. Dan (diharamkan pula) mengundi nasib dengan anak panah, (karena) itu suatu perbuatan fasik. Pada hari ini orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka, tetapi takutlah kepada-Ku. Pada hari ini telah Aku sempurnakan agamamu untukmu, dan telah Aku cukupkan nikmat-Ku bagimu, dan telah Aku ridai Islam sebagai agamamu. Tetapi barang siapa terpaksa karena lapar, bukan karena ingin berbuat dosa, maka sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.

             Dalam ayat tersebut diterangkah bahwasanya makanan

halal dan haram untuk bagian binatang, Allah menurunkan ayat tersebut dikarenakan makanan tersebut jika masuk kedalam tubuh akan menyebabkan penyakit.

Dan terkait dilarangnya narkoba, alcohol untuk masuk kedalam tubuh manusia di jelaskan di dalam firman Allah pada Al Qur`an surah Al Maidah ayat 90, yakni :

Arti: Wahai orang-orang yang beriman! Sesungguhnya minuman keras, berjudi, (berkurban untuk) berhala, dan mengundi nasib dengan anak panah, adalah perbuatan keji dan termasuk perbuatan setan. Maka jauhilah (perbuatan-perbuatan) itu agar kamu beruntung.

Dari ayat tersebut bahwasanya hal-hal yang saat ini banyak dilakukan remaja adalah perbuatan yang salah. Dan disini pentingnya ngaji ilmu untuk para remaja, jikalau remaja mengaji dan memahami  hal yang diperbolehkan dan hal yang tidak diperbolehkan untuk di masukan ke dalam tubuh.

Mengapa barang tersebut di larang, karena di dalam barang tersebut mempunyai banyak keburukan ketimbang dengan kebaikannya yang didapatkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan