Shiloh Lumaris
Shiloh Lumaris pelajar/mahasiswa

Atlet renang

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Artikel Utama

Sarah Sjostrom Juara Dunia Putri Fina Swimming World Cup Series 2017

21 November 2017   04:41 Diperbarui: 21 November 2017   08:06 1700 1 0
Sarah Sjostrom Juara Dunia Putri Fina Swimming World Cup Series 2017
Sarah Sjostrom perenang putri asal Swedia juara Fina Swimming World Cup Series 2017 yang berakhir di Singapura hari minggu 19 November 2017. Foto: Dokumen pribadi.

Begitu menyentuh dinding finish, Sarah Sjostrom menengok ke arah scoring board dan mengangkat tangannya. Saking gembiranya dia duduk di line separator kolam renang sambil melambaikan tangannya. Setelah keluar dari kolam renang dia kembali berdiri di  jump start dan melambaikan tangan ke supporter. 

Itu masih belum cukup, setelah interview dengan MC pertandingan, dia melemparkan cap oranyenya ke arah penonton dan ditangkap anak-anak dari American Singapore School, anak-anak yang sama yang sehari sebelumnya menangkap medali emas Cate Campbell yang dilempar ke penonton entah kenapa. Jaraknya cuma 2 meter dari tempat duduk saya.

Sarah Sjostrom memang pantas gembira karena dengan kemenangannya di 200 m gaya bebas itu dia memastikan diri menjadi juara umum putri Fina World Champion 2017 di Singapura 18-19 November 2017. Di Singapura, Sjostrom merebut medali emas di 50 m gaya kupu-kupu dan 200 m gaya bebas, ia pun mendapatkan medali perak di 100 m gaya bebas. 

Sedangkan saingan terdekatnya  Katinka Hosszu mendapatkan medali emas di 200 m gaya ganti putri, 400 m gaya ganti dan  dua perunggu yaitu 200 m gaya punggung dan 200 m gaya bebas. Sementara pesaing yang lain yaitu Ranomi Kromowidjojo merebut perak di 50 m gaya kupu-kupu, dan juga di mixed 4x50 m gaya ganti, ia juga mendapatkan perunggu di 100 m gaya bebas dan juga mixed 4x50 m gaya ganti.

Sarah Sjostrom ( cap oranye ), Ranomi Kromowidjojo ( cap hitam ) dan Cate Campbell ( cap putih ) yang bersaing ketat di 50 m gaya kupu kupu. Foto: dokumen pribadi
Sarah Sjostrom ( cap oranye ), Ranomi Kromowidjojo ( cap hitam ) dan Cate Campbell ( cap putih ) yang bersaing ketat di 50 m gaya kupu kupu. Foto: dokumen pribadi

Secara total skor yang didapat oleh Sarah Sjostrom dalam pertandingan sepanjang tahun Fina Swimming World Cup 2017 di 8 negara (terdiri dari 3 Cluster) seluruhnya yaitu 629, sedangkan Katinka Hosszu mendapatkan skor 483 dan Ranomi Kromowidjojo mendapatkan skor 299. Dengan hasil itu Sarah Sjostrom  juga memastikan diri sebagai juara umum putri cluster Asia 2  sekaligus juara umum putri  Fina World Cup sepanjang 2017. 

Sementara itu, saingan dekatnya Katinka Hosszu ada diperingkat kedua dan Ranomi Kromowidjojo di peringkat ketiga.  Sebagai juara cluster asia 2  (beijing, Japan, Hongkong dan Singapura). Keberhasilan tersebut membuat Sarah Sjostrom berhak atas hadiah sebesar US $ 50.000 dan sebagai Juara Umum Fina Swimming World Championship 2017 series Sarah Sjostrom berhak mendapat hadiah sebesar US $ 150.000.

Penulis melaporkan dari OCBC Aquatic Centre, Singapore. Foto: dokumen pribadi.
Penulis melaporkan dari OCBC Aquatic Centre, Singapore. Foto: dokumen pribadi.

Ada yang unik dari pertandingan final minggu kemarin, apalagi kalau bukan tingkah para perenangnya. Chad Le Clos perenang Afrika selatan yang sempat bikin ulah ketika melawan Michael Phelps di Olimpiade Brazil 2016 yang lalu, dalam pertandingan terakhirnya di Singapura tampak mengenakan cap orange milik Sarah sjostrom. 

Entah apa maunya, dan ketika acara seremonial pemenang dan pemberian hadiah Chad Le Clos perenang dari Afrika Selatan yang juara umum pria  Fina Swimming World Cup series 2017 tiba-tiba mencium pipi Sarah Sjostrom. Entah ada apa  diantara dua atlet renang dunia  ini.