Mohon tunggu...
Shifana Maulidya
Shifana Maulidya Mohon Tunggu... Menulis untuk lebih bahagia

Social Worker With Disability

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Rumah Anak Hebat Bumiayu: Menggapai Mimpi Anak Luar Biasa

6 Januari 2021   12:02 Diperbarui: 6 Januari 2021   12:06 230 9 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Rumah Anak Hebat Bumiayu: Menggapai Mimpi Anak Luar Biasa
Kegiatan di Rumah Anak Hebat Bumiayu

Isu-isu terkait anak dengan kedisabilitasan (kami menyebutnya dengan anak hebat) menjadi sebuah hal luar biasa yang sangat perlu diperhatikan. Pemenuhan kebutuhan, termasuk habilitasi dan rehabilitasi bagi anak-anak hebat menjadi hal yang patut diperjuangkan semua pihak. Bukan hanya mengandalkan tanggungjawab pemerintah, namun juga perlu diusahakan mulai dari lingkungan keluarga, komunitas, hingga masyarakat. Hal inilah yang melatarbelakangi Komunitas Orang Tua Hebat (OTH) Bumiayu bergerak. Terhitung sejak April 2019, komunitas kami telah memberikan layanan kesehatan khusus untuk anak-anak hebat di wilayah Bumiayu dan sekitarnya. Layanan tersebut merupakan layanan fisioterapi , layanan kesehatan dasar yang bersinergi dengan Puskesmas Bumiayu , dan layanan terapi wicara berjangka. Kami percaya bahwa menyediakan layanan kesehatan yang baik untuk anak berkebutuhan khusus merupakan sebuah upaya pemenuhan hak asasi manusia.

Sebagai komunitas non profit dalam memberikan perhatian dan layanan untuk anak berkebutuhan khusus, kami bergerak atas dasar kepedulian untuk menangani isu- isu terkait dengan anak berkebutuhan khusus sebagai suatu tujuan yang bukan komersial. Komunitas selalu memberikan edukasi perihal anak berkebutuhan khusus terhadap keluarga dan masyarakat sebagai fundamental sosial supaya anak berkebutuhan khusus ini mendapatkan hak yang sama untuk bersosialisasi. Selain itu, komunitas selalu berupaya memberikan pemahaman kepada keluarga dan masyarakat, bahwa pendampingan dan rehabilitasi terbaik bagi anak berkebutuhan khusus adalah melalui lingkungan keluarga dan orang- orang di sekitarnya. Sehingga tercipta sinergitas untuk memberikan habilitasi dan rehabilitasi yang berkelanjutan bagi anak berkebutuhan khusus.

Sebagai langkah lebih lanjut, terhitung sejak 3 Januari 2021, kami memulai awal tahun dengan semangat baru untuk memberikan pelayanan optimal. Untuk memperluas jangkauan layanan dan peningkatan kualitas layanan, secara resmi kami membuka Rumah Anak Hebat Bumiayu sebagai pusat kegiatan kami, meliputi kegiatan terapi (Fisik, Wicara, Okupasi) maupun sarana family support dan ruang diskusi terkait ekonomi, sosial, pendidilan, maupun kesehatan, guna mencapai anak hebat dan orang tua yang mandiri. Meski status rumah yang ditempati masihlah rumah sewa, namun kami berusaha untuk tetap memberi manfaat optimal kepada sesama, untuk membangkitkan semangat dan meningkatkan kualitas hidup anak-anak hebat kami.

Visi komunitas kami adalah menciptakan kemandirian anak berkebutuhan khusus dan keluarga untuk meningkatkan kualitas hidup mereka. Kami memiliki tim dari berbagai latar belakang sebagai dasar pengembangan komunitas dengan berbagai sudut pandang. Tim kami terdiri dari para orang tua anak berkebutuhan khsusus, praktisi kesehatan, tim dari pelayanan kesehatan primer, pendamping disabilitas (pekerja sosial) dari Kementerian Sosial Republik Indonesia , pendidik , pemerhati anak, dan berbagai pihak lainnya. Program kami juga beragam, mulai dari optimalisasi deteksi dini gangguan pertumbuhan dan perkembangan, Layanan kesehatan holistik, edukasi kesehatan keluarga anak berkebutuhan khusus, keluargaku terapisku, gotong-royong komunitas, program alat bantu, bantaun sosial, edukasi pendidikan, maupun kelas inspirasi yang diadakan rutin bagi para orang tua/ keluarga anak berkebutuhan khusus. Anak hebat yang kami tangani juga beragam. Mulai dari kasus cerebral palsy, down syndrome, speech delay, autisme, ADD/ADHD, bahkan Osteogenesis Imperfecta (OI) yang termasuk kasus langka. Jumlah anggota kami juga terus bertambah. Mulai dari 25 anak pada April 2019, hingga 75 anak hingga Januari 2021 ini. Hingga kini, kami bisa bergerak dengan sumber dana dari donatur tidak tetap, juga dari uang kas komunitas berupa iuran anggota yang juga disesuaikan dengan kemampuan orang tua.

Terhitung mulai 6 Januari ini, kami mengawali layanan dengan mensosialisasikan rencana kegiatan komunitas sekaligus menyusun jadwal layanan. Kegiatan dibagi ke dalam empat sesi, masing-masing satu jam agar tetap dapat melaksanakan protokol kesehatan dengan baik. Rumah kami beralamat di Griya Permadani Blok D1 RT 004/ RW 004 Desa Dukuhturi Kecamatan Bumiayu, Brebes, Jawa Tengah. Jika tertarik untuk mengetahui lebih banyak tentang kami, dapat menghubungi kami melalui email (othbumiayu@gmail.com) atau instagram @oth_bumiayu. Semoga langkah awal di tahun yang baru ini, dapat menjadi semangat baru untuk memberikan layanan terbaik untuk anak-anak hebat. Baik oleh keluarga, komunitas, masyarakat, maupun pemerintah melalui program- program yang dapat mendukung terlaksananya layanan menjadi semakin optimal.

VIDEO PILIHAN