Mohon tunggu...
Sherly Febriani
Sherly Febriani Mohon Tunggu... Sherly

Sherly

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Menghargai Perbedaan

28 September 2020   16:20 Diperbarui: 28 September 2020   16:26 10 0 0 Mohon Tunggu...

 Setiap manusia di dunia ini tidak bisa hidup tanpa orang lain. Dengan demikian manusia membutuhkan keluarga, teman atau pun orang lain yang dapat membantunya. Bagaimana caranya agar kita bisa menjalin hubungan yang baik dengan mereka? 

Tentunya kita perlu memiliki komunikasi dan interaksi yang baik dengan mereka. Nah, bagaimana menjalin interaksi dengan mereka yang berbeda suku bangsa? Kita harus saling menghargai dan menghormati mereka jangan jadikan perbedaan itu halangan bagi kita untuk berinteraksi. 

Menggunakan bahasa yang tepat seperti bahasa Indonesia atau bahasa Internasional akan memudahkan kita untuk bisa menjalin komunikasi dan interaksi yang baik dengan mereka.

Seperti halnya semasa SMA kita memiliki sahabat. Sahabat kita berperan penting bagi kita baik dalam memberikan motivasi dan dorongan serta membantu kita saat kita binggung mengerjakan sesuatu. Masa SMA memang indah tapi akan lebih indah jika diwarnai dengan kehadiran sahabat-sahabat kita.

 Sewaktu SMA kita menyadari bahwa kita hidup dalam kehidupan multibudaya yaitu, kita memahami adanya perbedaan budaya bangsa Indonesia sebagai suatu keunikan, tanpa adanya diskriminatif antar perbedaan-perbedaan tersebut.

Lalu apa bahasa yang tepat yang harus kita gunakan di sekolah? Tentunya kita harus menggunakan bahasa pemersatu suku, ras dan agama yaitu bahasa Indonesia. 

Dengan adanya keberagaman suku di Indonesia maka pembelajaran akan berbagai aktivitas suku itu penting. Karena ada pepatah mengatakan lestarikan bahasa budaya, cintai bahasa Indonesia kuasai bahasa asing. Tetapi kita harus mengutamakan penggunaan bahasa Indonesia.  

Dengan adanya ketertarikan kita dengan perbedaan suku bangsa, maka kita juga perlu mempelajari bahasa asing contohnya bahasa Inggris, bahasa Korea, bahasa Mandarin dan bahasa- bahasa negara lainnya agar kita bisa menjalin interaksi yang baik dengan mereka.

Perbedaan memang akan membuat kita memiliki pendapat yang berbeda, seperi halnya di SMA ada banyak pendapat yang kita keluarkan saat berdiskusi. Nah, bagaimana jika demikian? Kita harus saling menghargai pendapat tersebut demi terciptanya suatu keharmonisan.

Setiap manusia memiliki jalan pikiran yang berbeda. Dengan demikian tidak jarang muncul perbedaan pendapat antara kita dengan orang lain atau teman kita sendiri.

Jadi, meskipun bangsa Indonesia hidup dengan dengan keberagaman suku atau pun budaya marilah kita tetap menjunjung tinggi nilai persatuan dan kesatuan demi mewujudkan Indonesia yang lebih maju.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x