Mohon tunggu...
Sherina Atikacitra
Sherina Atikacitra Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Pendidikan Indonesia

Mahasiswa 2019

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pendampingan Vaksinasi Covid-19 bersama Mahasiswa KKN Tematik UPI 2022 di UPT Puskesmas Cibodasari

11 Agustus 2022   08:51 Diperbarui: 11 Agustus 2022   08:53 117 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mahasiswa KKN Tematik UPI 2022

TANGERANG -  Tema KKN Tematik UPI 2022 kali ini, Pemberdayaan Masyarakat Berbasis SDG's Desa yang merujuk pada kearifan lokal, dasar pemikiran munculnya 18 program SDG's Desa yaitu "Kehidupan Sehat dan Sejahtera", yang artinya menjamin kehidupan yang sehat dan mendorong kesejahteraan bagi semua orang di segala usia.

Melalui Keputusan Presiden Nomor 11 Tahun 2020, Indonesia telah mengumumkan status kedaruratan Kesehatan. Dengan berbagai upaya dilakukan dalam rangka mengatasi dampak pandemic Covid-19. Salah satunya adalah vaksinasi. Dalam artikel ini akan menjelaskan apakah vaksinasi merupakan hak atau kewajiban bagi masyarakat dan apakah penolak vaksin dapat dikenakan sanksi pidana. Hasil Pendampingan vaksinasi ini, peran Sherina Atikacitra (21) mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Yang saat ini sedang menjalankan program KKN Tematik, akan mengedukasi orang tua, anak -- anak, dan remaja.  

Program kerja edukasi dan pendampingan Vaksinasi Covid-19, mengacu kepada indikator Desa Sehat dan Sejahtera. Kesehatan adalah keadaan sehat, baik secara fisik, mental, spiritual maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Tanpa Kesehatan, seseorang menjadi tidak sederajat secara kondisional. Sehingga Kesehatan menjadi salah satu ukuran selain tingkat Pendidikan dan ekonomi, yang menentukan mutu dari sumber daya manusia.

Puskesmas Cibodasari, Kelurahan Cibodasari, Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang. Merupakan salah satu lokasi Vaksinasi Covid-19 yang berada di salah satu Kelurahan Cibodasari. Yang dilaksanakan secara rutin pada hari Selasa -- Rabu dan Sabtu. Dalam pelaksanaannya saya berperan sebagai mengukur tensi dan suhu serta menanyakan ulang dosis yang sebelumnya terhadap peserta vaksinasi baik itu orang tua, remaja, maupun anak -- anak.

Pada vaksinasi ini saya selalu bertempatan di posisi absen keluar atau disebut juga dengan observasi dan di bagian pengukur tensi darah dan suhu tubuh. Kemudian untuk pendataan sebelum dilakukan vaksinasi harus dengan mendaftarkan diri kepada bagian pendaftaran vaksinasi Covid-19 dengan menyerahkan Foto Copy KTP, agar mendapatkan kartu Barcode.  Setelah itu akan dilakukan pengecekan tensi darah dan suhu badan. Namun selanjutnya, akan dilakukan skrining data diri supaya tidak terjadinya terkendala terhadap sistem dan akan di tanyakan apabila adanya penyakit tertentu harus dengan menunjukkan surat keterangan dari Dokter yang bersangkutan.

Mahasiswa KKN Tematik UPI 2022
Mahasiswa KKN Tematik UPI 2022

Selama proses pendataan pada vaksinasi, dengan menggunakan web ataupun melalui Aplikasi Vaksinasi Kota Tangerang (AVATAR). Di dalam aplikasi ini telah dilengkapi pendataan mengenai vaksinasi registrasi hingga ke bagian observasi.

Pada konteks vaksinasi Covid-19, yang diadakan oleh pemerintah kami mengadakan dosis pertama, kedua, hingga booster. Yang dilihat dari Riwayat dosis sebelumnya. Adapun yang kami sediakan untuk setiap minggunya tidak tentu sama dengan dosis sebelumnya mulai dari Dosis Vaksin Sinovac, Pfizer, dan Moderna.

Mahasiswa KKN Tematik UPI 2022
Mahasiswa KKN Tematik UPI 2022

Program Vaksin ditujukan untuk melindungi Anda dengan membangun sistem kekebalan tubuh sehingga dapat melawan segala jenis penyakit, dari yang ringan hingga sangat serius. Vaksin tersebut mengandung antigen yang telah dinon-aktifkan sebelumnya sehingga tidak menimbulkan rasa sakit ketika dimasukkan ke dalam tubuh.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan