Mohon tunggu...
Sherina Febia
Sherina Febia Mohon Tunggu... Writer

Life is learn

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Keterampilan Berbicara saat Presentasi!

13 Januari 2021   19:46 Diperbarui: 15 Januari 2021   10:21 105 11 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Keterampilan Berbicara saat Presentasi!
Photo by Rebrand Cities from Pexels

Dapat kalian terapkan saat presentasi secara langsung ataupun melalui aplikasi online, seperti zoom atau google meet.

Keterampilan dalam berbicara merupakan hal yang sangat penting saat memasuki bidang kerja apapun. Bahkan, saat sekolah atau kuliah pasti ada saatnya kalian mendapatkan peran untuk presentasi dihadapan banyak orang. 

Kemampuan seseorang saat berbicara di hadapan banyak orang sangat penting adanya. Hal tersebut dapat membantu dalam proses mengkomunikasikan sebuah inovasi, ide, atau gagasan.

Keterampilan berbicara diantaranya, seperti pidato, presentasi pada sebuah seminar, wawancara, atau saat kalian mempromosikan sesuatu hal (produk misalnya). Berikut ini hal-hal yang dapat membantu keberhasilan keterampilan berbicara saat presentasi.

1. Persiapan dan Penguasaan Materi

Melakukan persiapan mempengaruhi lancar atau tidaknya seseorang dalam menyampaikan sesuatu di hadapan publik. Kesiapan serta penguasaan materi yang baik, dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri. 

Dalam tekniknya, kepercayaan diri dapat dilakukan dengan membuka mata secara normal, tersenyum, serta mulai berbicara dengan perlahan dan mempercepatnya secara bertahap. Dalam penyampaian isi materi juga harus memperhatikan hal-hal berikut ini.

  • Menguasai pokok-pokok pikiran dari materi yang ingin disampaikan.
  • Penjabaran pokok-pokok pikiran dengan bahasa yang mudah dipahami.
  • Menyiapkan bahan humor yang relevan atau ada kaitannya dengan materi yang disampaikan (seperti cerita singkat, lelucon, ataupun anekdot). Tidak sekedar humor, kalian juga harus memahami kondisi dan situasi. Tahu saat yang pas untuk kalian melakukannya.

2. Alat Bantu Presentasi

Penting adanya alat bantu ini saat kalian ingin melakukan presentasi secara langsung. Penyampaian pesan dapat berjalan dengan efektif karena adanya alat bantu. 

Penggunaannya harus disesuaikan dengan suasana dan lokasi tempat presentasi dilaksanakan. Jika tidak sesuai, akan mengurangi efektivitas saat presentasi. Meskipun bahan-bahan (materi) sudah dipersiapkan dengan baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN