Mohon tunggu...
Shevi Amrilla
Shevi Amrilla Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Hobi jalan-jalan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Fenomena Planet Sejajar 24 Juni 2022, Apa Dampaknya?

23 Juni 2022   09:30 Diperbarui: 23 Juni 2022   09:54 2265 9 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
(Sumber: @sessizahs)

Pada tanggal 24 Juni mendatang tepatnya hari Jumat esok, masyarakat digemparkan dengan akan adanya fenomena alam yang langka. Yakni fenomena planet sejajar. Fenomena ini pernahbterjadi pada tahun 2004 silam. Fenomena ini merupakan fenomena yangmana planet muncul dalam urutan yang sama. Fenomena planet yang sejajar ini ialah Merkurius,Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus.

Masyarakat Indonesia dapat menyaksikan fenomena ini, sebab fenomena ini dapat dilihat di seluruh wilayah Indonesia. Dilansir dari infoastronomy "anda dapat melihat planrt tata surya di langit timur mulai jam 04.45 pagi waktu setempat daerahmu. Namun perlu diperhatikan bahwasanya walaupun fenomena ini dapat dilihat dengan mata telanjang namun akan lebih baik jika melihat dengan menggunakan teleskop agar lebih jelas." 

Fenomena planet sejajar ini biasanya terjadi setiap 18 hingga 19 tahun sekali. Sehingga kemungkinan fenomena ini akan terjadi kembali pada tahun 2041. Fenomena planet sejajar ini akan berlangsung selama kuranglebih 45 menit hingga 50 menit. Sehingga jika ingin melihat fenomena ini harus bangun lebih awal. Menurut informasi fenomena planet sejajar ini tidak ada dampak buruk bagi bumi, hanya saja mempengaruhi pasang surut air laut akibat tarikan gaya gravitasi. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan