Mohon tunggu...
Sheril Fardiana
Sheril Fardiana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Bismillahirrohmanirrohim

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Islam dan Ideologi Pancasila Apakah Ada Hubungannya?

25 September 2022   11:36 Diperbarui: 25 September 2022   11:39 103 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Islam adalah agama rahmatan lil alamin. Artinya bahwa dengan islam dimana saja kita hidup maka akan tetap terjaga kerukunan dan persaudaraan. Didalamnya diajarkan bagaimana kita berinteraksi dengan sesama. Baik sesama manusia, binatang, tumbuhan dan benda lainnya. 

Saling menghargai dan  menghormati perbedaan, tidak saling menyakiti, tolong menolong dan segala aspek kehidupan kita baik dalam bermasyarakat semuanya diatur dalam islam.

Islam juga mengatur bagaimana kita hidup berdampingan dengan penganut agama lain. Sikap toleransi harus tetap dikedepankan dalam bergaul. Tidak boleh mengganggu mereka dalam menjalankan ibadah. 

Demikian juga sebaliknya, karena mereka punya cara berbeda dalam menjalankan ibadah begitupun dalam islam yang diatur dalam kitab sucinya.

Walaupun demikian didalam masalah akidah kita tidak ada toleransi. Tuhan di dalam islam tetap satu yaitu Allah. Kita tidak boleh menduakan apalagi berharap dan bertindak selain apa yang di ridhakan oleh Allah. Ajaran islam sudah digariskan dalam Alqur'an dan sunnah Rasulullah. Jadi dalam segala aktivitas kita baik dalam beribadah maupun aktivitas dalam berusaha untuk kebutuhan kita didunia semuanya harus berlandaskan atas Alqur'an dan sunnah Rosulullah.

Islam bukanlah agama yang memaksakan kehendak. Setiap orang punya hak untuk menganut agama yang mereka inginkan. Sebagaimana firman Allah dalam Alqur'an bahwa agamu agamamu  Agamaku agamaku. Hal ini berarti bahwa silahkan mereka beribadah sesuai dengan kepercayaannya asalkan jangan mengganggu orang lain dalam beribadah yang tidak sesuai dengan kepercayaan mereka.

 Jadi alangkah indahnya islam itu. Karena ajarannya  semuanya menuju kepada kebaikan. Bahkan didalamnya akan diberi ganjaran pahala jika melakukan kebajikan. Itu artinya bahwa setiap orang yang memeluk agama islam diwajibkan untuk berbuat amal kebajikan. 

Dilain pihak ajaran islam juga menganjurkan untuk menjauhi berbuat keburukan. Maka disediakan oleh Allah suatu tempat yang namanya surga bagi orang islam yang selalu mengamalkan kebajikan, dan disediakan juga neraka bagi orang yang selalu mangamalkan kejahatan. 

Lalu apa hubungan antara islam dan ideologi pancasila ?. Pancasila yang merupakan dasar Negara kita Indonesia mengandung nilai-nilai yang selaras dengan ajaran Islam baik dilihat dari segi aqidah (kepercayaan), syari'ah (hukum) dan akhlak (moral). Ada lima sila dalam pancasila.

 Sila yang pertama adalah Ketuhanan Yang Maha Esa. Dimana seluruh rakyat Indonesia diwajibkan untuk berketuhanan. Ideologi seperti PKI tidak diterima di Indonesia. Negara menjamin kemerdekaan setiap warga negara untuk menganut kepercayaan sesuai dengan agamanya masing -- masing.  

Tentu ini serasi dengan tuntunan dalam agama islam. Didalam sila pertama diatur bagaiman kita harus hidup rukun berdampingan dengan agama yang berbeda. Demikian juga dalam mendirikan rumah ibadah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan