Mohon tunggu...
Sheolomitha Ikhda Shibriya
Sheolomitha Ikhda Shibriya Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Hallo, semua selamat datang dan terima kasih telah berkunjung ke profile saya!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Apa Itu Overthinking?

28 September 2021   08:02 Diperbarui: 28 September 2021   18:32 76 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Apa Itu Overthinking?
Sumber gambar: pexels.com

Apa itu overthinking?
Mungkin beberapa dari kalian pernah memiliki pikiran seperti ini saat akan mengambil tindakan, keputusan atau bahkan lagi enaknya santai tiba-tiba kepikiran "Bagaimana kalau..., Apa yang akan terjadi jika...," atau sering memikirkan hal-hal yang akan terjadi maupun belum terjadi. Lalu apa yang kalian lakukan untuk menghentikan itu? 

Main Hp, tidur, atau diem doang mikirin sampai hilang sendiri? Heyy ayolah kalau cara kalian menghentikan pemikiran seperti itu, nggak akan membuat kalian merasa tenang. Justru hanya akan membuat kalian mengalami kecemasan berlebihan, susah tidur, sulit melakukan aktifitas sehari-hari, dll.

Kejadian seperti berpikir secara berlebihan atau mempunyai kecemasan akan suatu hal secara berlebihan juga bisa disebut dengan Overthinking. Sebelum itu pasti kalian udah nggak asing dong dengan  istilah itu? Tapi kalian tau nggak sih arti overthinking yang sebenarnya? Dan bagaimana cara mengatasinya? Maka dari itu aku disini akan membahas secara singkat mengenai overthinking. Penasaran? Yuk simak!


Overthinking adalah...
Overthinking
adalah sebutan untuk seseorang yang mempunyai kecemasan dan pemikiran secara berlebihan untuk masa depan atau masa lalu baik hal kecil maupun besar. Hal ini kerap terjadi tanpa kita sadari hingga menyebabkan stress, cemas maupun depresi obsesif, tertekan, dan masih banyak lagi. 

Kondisi stress yang dialami berdampak pada gangguan mental dan perilaku yang dapat terjadi pada seseorang tergantung kuat lemahnya status mental dan kepribadiannya. Untuk itu ada baiknya kita dapat  mengontrol sikap overthinking agar tidak menimbulkan dampak buruk bagi diri kita. Permasalahan pola pikir berlebihan tentang diri sendiri maupun lingkungan dapat menjadi suatu ancaman untuk kehidupan setiap individu dan kita harus bisa mengantisipasinya. (Sebo,T.AR., Gratia,J.D., Megarina,Y., Lopuhaa, F.A., Lara,L., 2021)


Apa sih solusi yang tepat mengatasi overthinking?
1.Istirahat yang cukup
Dengan istirahat yang cukup mampu mengurangi kecemasan dalam diri serta melupakan sejenak masalah yang ada. Lepaskan hal-hal yang ada dibenak kalian sejenak dan cobalah untuk tidak memikirkan sesuatu saat kalian sedang tidur, agar disaat bangun otak dan tubuh kalian akan terasa segar kembali dan dapat memikirkan hal-hal dengan baik.

2.Ekspresikan pikiran kalian lewat media
Terkadang kita nggak bisa menceritakan apa yang terjadi pada kita ke orang lain entah karena kalian tidak mempunyai orang yang benar-benar kalian percaya atau memang kalian tidak suka menceritakan masalah kalian pada orang lain. Maka dari itu ekspresikan pikiran dan masalah kalian melalui media. Media yang aku maksud misal dengan tulisan tangan, coret-coret menggunakan bullpen, pensil dll, atau menggambar dan melukis. Dengan mengespresikan pikiran kalian lewat media kalian akan merasa jauh lebih tenang dan merasa lega

3.Pikirkan hal yang bisa kamu atasi
Mengurangi sedikit demi sedikit hal-hal yang tidak berguna bagi kalian, seperti memikirkan pendapat orang lain "baju aku bagus nggak ya? Kira-kira gimana ya pendapat orang tentang bajuku?" "kalo aku bisa lakuin ini orang-orang bakal suka nggak ya?" "aku cocok nggak ya pake make up? Aku cantik nggak sih?" hapus dan hilangkan kebiasaan kalian yang seperti ini dan cobalah menjadi seseorang yang cuek dan tidak mempedulikan apa pendapat orang tentang kita. Lakukan apa yang membuatmu nyaman selama tidak merugikan orang.

4.Cari tau apa yang sebenarnya terjadi

Coba deh kalian cari tahu sumbernya apa sih yang membuat kalian overthinking. Pikirkan secara perlahan dan dalam kondisi yang tenang agar kalian dapat menemukan penyebabnya dengan pasti. Dengan kalian mengetahui penyebabnya, maka akan mudah untuk kalian mengatasi overthinking. (Akbar,F.,2020 )

5.Lakukan kegiatan yang membuatmu senang
Berikan sedikit penghargaan pada diri kalian dengan melakukan kegiatan yang kalian sukai seperti jalan-jalan, olahraga, makan-makanan yang kalian sukai, nonton film atau drama, bermain game, dan masih banyak lagi.

Setelah kalian memahami apa yang kalian baca diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa overthinking banyak menyebabkan dampak buruk bagi kita dan dapat terjadi pada siapa saja. Mari lakukan kegiatan yang positif dan jalani hidup kalian sesuai dengan keadaan yang ada agar tidak terjadi lagi overthinking. (Hadi, S.A.FF, 2019)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan