Mohon tunggu...
shelya dianafitriani
shelya dianafitriani Mohon Tunggu... mahasiswa

owner by.serendipityy

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Kendala dan Solusi SIngkat Daring di Blitar

26 Oktober 2020   23:09 Diperbarui: 26 Oktober 2020   23:11 4 0 0 Mohon Tunggu...

Sesuai dengan surat edaran dari Mendikbud Nomor 2 tahun 2020 mengenai pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran corona virus disease atau biasa disebut Covid 19 ini menganjurkan untuk melaksanakan kegiatan belajar  dirumah yaitu dengan daring atau online. Hal ini tentu butuh kesiapan dari pendidik maupun peserta didik. 

Persiapan guna mendukung pembelajaran online ini meliputi laptop, gawai dan alat bantu lain yang tentu memerlukan koneksi internet. Seringkali hal inilah yang menjadi kendala dalam proses pembelajaran. Tak lepas dari kendala yang terjadi suatu sekolah di salah satu SMPN yang ada di kabupaten Blitar.

Dalam proses pembelajaran tentu saja mengalami kendala kendala. Permasalahan seperti terbatasnya komunikasi atau miss komunikasi yang  dilakukan secara langsung dan sekarang harus berada dirumah karena dilakukan pembelajaran secara daring. Pembelajaran hanya bisa dilakukan secara onine yaitu melalui whatsapp atau E-Learning. Pada situasi ini biasanya guru melakukan pembelajaran dari berbagai macam aplikasi untuk bertatap muka seperti zoom, google meet dan masih banyak lagi. 

Adapun kendala secara umum selama proses pembelajaran adalah sinyal. Jika dilihat dari kepemilikan gawai, semua siswa di sekolah tersebut sudah memiliki gawai meskipun tidak semua memiliki komputer.

Kendala sinyal atau jaringan merupakan permasalahan yang umum dan pemerintah telah mengupayakan akan hal ini. Salah satu tindakan pemerintah adalah dengan membagi kuota gratis. Adapun upaya yang dilakukan di sekolah tersebut yakni juga membagikan kuota gratis yang di supply setiap bulannya. 

Namun masih ada saja yang protes atau mengeluh, maka dari itu SMP ini menyediakan wifi ekstra dan memperbolehkan siswa untuk melakukan kegiatan daring di sekolahan jika memang berhalangan sinyal. Dengan hal ini tidak ada alasan untuk tidak mengikuti pembelajaran daring karena terkendala sinyal. Pembelajaran daring meskipun dilakukan di rumah bukanlah menjadi alasan untuk malas-malasan. Justru lebih baik jika menggunakan waktu agar lebih produktif.

VIDEO PILIHAN