Travel

Lampung, Wujud Kecantikan Pulau Sumatera

10 November 2018   23:22 Diperbarui: 10 November 2018   23:47 175 1 0
Lampung, Wujud Kecantikan Pulau Sumatera
Doc: Pribadi

Desember 2015 lalu, penulis berkesempatan untuk mengunjungi Lampung, sebuah provinsi yang terletak di selatan pulau Sumatera, Indonesia. Ibu kotanya terletak di Bandar Lampung. Lampung sendiri memiliki tempat wisata yang sangat banyak dan tidak kalah cantik dengan wisata Indonesia lainnya. Tiga tempat yang penulis kunjungi saat mengisi libur akhir tahun 2015 lalu diantaranya yaitu Alamwawai Eco Park, Tugu Adipura Lampung dengan ikon nya gajah Lampung, serta Pantai Pasir Timbul Sari Ringgung.

Destinasi wisata pertama yang penulis kunjungi yaitu Alamwawai Eco Park yang terletak di Sukadana Ham, Tanjung Karang Barat, Kota Bandar Lampung. Alamwawai Eco Park merupakan tempat wisata yang menyuguhkan keindahan alam khas Lampung yang masih terjaga kelestariannya. Hijaunya rerumputan dan pohon-pohon yang ada membuat udara menjadi sejuk. Alamwawai Eco Park menyediakan camping ground, amphitheatre, botanic garden, serta recreation park. Selain itu, dari sini kita dapat melihat laut serta pelabuhan Bakauheni, yaitu pelabuhan yang menghubungkan antara Sumatera dengan Jawa melalui jalur laut.

Destinasi wisata yang kedua yang penulis kunjungi yaitu Tugu Adipura, atau yang sering juga disebut Tugu Gajah. Tugu Gajah sendiri berada di jantung kota Bandar Lampung. Tugu dengan jam diujungnya serta dikelilingi oleh gajah yang berada ditengah-tengah bundaran air mancur ini merupakan ciri khas kota Bandar Lampung. Tempat ini biasa digunakan sebagai tempat berkumpulnya masyarakat Lampung. Saat malam hari, tugu ini semakin cantik dengan menyalanya lampu tugu yang berwarna-warni.

Doc: Pribadi
Doc: Pribadi
Destinasi wisata ketiga yang penulis kunjungi selama liburan di Lampung yaitu Pantai Pasir Timbul Sari Ringgung. Pantai ini terletak di Padang Cermin, kota Bandar Lampung. Tidak kalah cantik dengan dua destinasi wisata lainnya, pantai ini menyuguhkan keindahan laut yang berbalut pasir putih dengan air yang sangat jernih dan bersih. Dikatakan pasir timbul, dikarenakan ditengah laut terdapat pasir yang akan muncul ketika air sedang surut. Pasir ini terbentuk secara alami. Disini juga terdapat masjid apung serta rumah makan apung.

Doc: Pribadi
Doc: Pribadi
Selain tiga destinasi wisata tersebut, ada satu keunikan yang hanya dimiliki oleh Lampung. Jika bermain ke Lampung, jangan lupa untuk menyaksikan kereta api batu bara rangkaian panjang atau yang biasa disebut dengan kereta Babaranjang, yaitu kereta api barang terpanjang di Indonesia. Kereta api ini khusus untuk mengangkut batu bara. Kereta ini melintas di jalur kota.

Nah, bagaimana? Terlihat cukup menyenangkan bukan? Yuk isi libur tahun baru mu untuk mengunjungi Lampung dan menjelajahi Indonesia. Gunakan aplikasi Pegipegi untuk memudahkan perjalanan liburanmu menjelajahi Indonesia! Tunggu apa lagi? Pegipegi Yuk, Jelajahi Indonesiamu!