Mohon tunggu...
shelly nana
shelly nana Mohon Tunggu... MAHASISWA SI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UNISSULA

Nama lengkap : SHELLY NANA APRILIA TTL : BOYOLALI,16 APRIL 2001 Alamat : DEPOK SARI WETAN V RT07/RW 07, TLOGOSARI WETAN , PEDURUNGAN SEMARANG No telepon/hp : 082137492255 Email : shellynana.xpm1.33@gmail.com Fakultas/ jurusan : FAKULTAS EKONOMI/MANAJEMEN Institusi : UNISSULA

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pengembangan Sumber Daya Manusia

25 Januari 2021   11:09 Diperbarui: 25 Januari 2021   11:36 89 0 0 Mohon Tunggu...

Dalam suatu perusahaan pastinya menginginkan karyawan dan staffnya selalu meningkat dalam kinerjanya agar mampu memberikan kontribusi  positif  yaitu agar perusahaan terus mengalami kemajuan. Khususnya di saat pandemi dan bisnis dituntut untuk mengalami perubahan dinamis, menjalankan dan mengembangkan program pengembangan sumber daya manusia  bisa jadi penghangat untuk pergerakan bisnis yang mendingin. 

Pengembangan sendiri merupakan suatu proses untuk meningkatkan kemampuan teknis,teoritis, konseptual dan moral karyawan sesuai dengan kebutuhan pekerjaan melalui pendidikan dan latihan.  Pengembangan sdm yaitu suatu proses pendidikan jangka panjang mengunakan suatu prosedur yang sistematis dan terorganisasi dengan manajer belajar pengetahuan konseptual dan teoritis untuk tujuan umum.

Pendidikan sendiri berkaitan dengan peningkatan pengetahuan dan pemahaman yang menyeluruh. Pelatihan adalah suatu proses pendidikan jangka pendek dapat menggunakan prosedur yang sistemastis dan teroganisir sehingga karyawan belajar pengetahuan teknik pengerjaan dan keahlian  untuk tujuan tertentu.  Pelatihan adalah  suatu bagian pendidikan yang menyangkut proses belajar untuk memperoleh dan meningkatkan keterampilan diluar system pendidikan yang berlaku dalam waktu yang relative singkat dan dengan metode yang lebih mengutamakan praktek daripada teori.

Pengembangan sumber daya manusia bermanfaat bagi karyawan, perusahaan, konsumen yang mengonsumsi produk yang dihasilkan perusahaan. Adapun tujuan pengembangan sumber daya manusia yakni: Tujuan utama penyelenggaraan pengembangan sumber daya manusia adalah memberikan kontribusi nyata kepada tujuan perusahaan. Contohnya di perusahaan manufaktur jepang ada filosofi KAIZEN (perbaikan berkelanjutan). Bagaimana caranya dengan melakukan perbaikan terus menerus. Filosofi tersebut mendukung jalannya program pengembangan sumber daya manusia.

Mampu meningkatkan produktivitas kinerja

Tujuan yang dari pengembangan sumber daya manusia yang pertama adalah bisa meningkatkan produktivitas karyawan dalam bekerja. Dengan begitu kualitas dan kuantitas semakin baik, karena karyawan sudah memiliki human skill,technical skill dan juga managerial skill yang semakin lebih baik.Misalnya seorang karyawan mungkin mampu memberi saran untuk menciptakan varian baru dari berbagai produk yang ditawarkan perusahaan. Sehingga konsumen tidak akan merasa bosan karena bisa memilih banyak varian yang telah disediakan.

Mampu meningkatkan efisiensi

Pengembangan sumber daya manusia untuk mampu meningkatkan efisiensi pada pekerjaannya sehingga mampu menekan biaya-biaya (waktu,tenaga, bahan baku). Dan juga biaya produksi relaif kesil pemborosan berkurang sehingga profit perusahaan makin meningkat.

 Mampu mengurangi kerusakan pada produk

Pengembangan sumber daya manusia untuk mampu mengurangi kerusakan pada produk sehingga jumlah pada biaya produksi yang dikeluarkan dapat berkurang karena telah meminimalisir kerusakannya. Dengan demikian karyawan atau pekerja akan terlihat lebih terampil dan memiliki kualitas yang tinggi dalam bekerja.

Karier para karyawan dapat meningkat

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN