Mohon tunggu...
Shella WulanAyu
Shella WulanAyu Mohon Tunggu... Shellawulan

Hi You :)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Antusias Pegiat UMKM Desa Banjararum Saat Pembukaan KKN Mandiri Universitas Negeri Malang

17 Juni 2021   16:00 Diperbarui: 17 Juni 2021   16:46 258 2 2 Mohon Tunggu...

MALANG, JAWA TIMUR - Kamis, 17 Juni 2021 dilaksanakan pembukaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) oleh sejumlah mahasiswa Universitas Negeri Malang di Desa Banjararum, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Acara pembukaan KKN dimulai sekitar pukul 10.00 pagi hingga pukul 11.30 siang. Acara pembukaan KKN dihadiri oleh perangkat desa, pelaku UMKM, DPL, dan mahasiswa dari KKN. Kehadiran kepala desa untuk memberikan sambutan, masukan serta yang membuka berjalannya KKN nanti. DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) juga memberikan sambutan serta penjelasan mengenai KKN mandiri ini selaku sebagai dosen pembimbing sekaligus yang mengajak rekan-rekan mhahasiswa untuk melakukan KKN mandiri di Desa Banjararum dengan fokus utama kepada UMKM.

Setelah itu disambungkan dengan perwakilan dari pelaku UMKM yang menyampaikan aspirasi serta harapan kepada rekan-rekan mahasiswa KKN untuk membantu masalah yang dihadapi dalam kegiatan UMKM. Selanjutnya untuk sambutan terakhir disampaikan oleh perwakilan mahasiswa KKN selaku Koordinasi Desa(Kordes) untuk menjelaskan lebih detail mengenai program kerja yang akan dilaksakan dari kelompok mahasiswa KKN.

Dokpri
Dokpri
Kelompok KKN Mandiri UM tahun 2021 kami lebih berfokus kepada UMKM Shingkara di Desa Banjararum. Dimana nanti kami akan membuat mesin spinner berbasis inverter dengan tujuan meningkatkan kualitas dan produktivitas kacang mete pada komunitas UMKM. Kemudian pelatihan  dan penerapan mesin giling sambel pecel food grade untuk meningkatkan kualitas produksi bagi pelaku usaha sambel pecel di komunitas UMKM. Serta membantu meningkatkan pemasaran dan pengelolaan keuangan UMKM. Serta melihat dari permasalahan yang ada di Desa dengan adanya masukan dari perangkat desa yaitu membantu pelatihan manajemen pengolaan sampah .

Dokpri
Dokpri
Kelompok mahasiswa KKN mandiri ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan serta dapat bermanfaat bagi masyarakat yang ada di desa Banjararum terutama pada para pelaku UMKM.

VIDEO PILIHAN