Mohon tunggu...
shela nuralisah
shela nuralisah Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa S1 PGPAUD FIP UNJ

hobi saya mendengarkan musik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Berbagai Bentuk Penyelenggraan Pendidikan Anak Usia Dini

24 September 2022   22:22 Diperbarui: 24 September 2022   22:25 143
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Saat ini ada berbagai macam bentuk penyelenggaraan pendidikan anak usia dini. Perbedaan penyelenggaraannya berupa formal atau nonformal dan rentang usia. Tiap betuk penyelenggaraan pendidikan anak usia dini memiliki sistem belajar dan kurikulum yang berbeda-beda. 

 

Ada enam cara untuk melaksanakan pendidikan anak usia dini.

1. Taman kanak-kanak

Taman Kanak-Kanak merupakan tempat inisiasi atau pembelajaran bagi anak usia 4 sampai 6 tahun. TK biasanya memiliki dua kelompok, Grup A untuk usia 4-5 tahun dan Grup B untuk usia 5-6 tahun. Pembelajaran di taman kanak-kanak dilakukan untuk mengembangkan dan merangsang enam aspek perkembangan anak: moral, nilai-nilai agama, bahasa, fisik, motorik, kognitif, sosial, emosional dan artistik. Semua aspek perkembangan dirangsang secara tepat sesuai dengan tahap perkembangan anak.

2. Raudhatul Atfal

Raudhatul Athfal adalah tahapan pendidikan anak usia dini 4-6 tahun dalam bentuk pendidikan formal bimbingan Kementerian Agama. RA identik dengan Taman Kanak-kanak dan kurikulum bertujuan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan fisik dan mental sehingga anak siap untuk pendidikan lebih lanjut.

3. Kelompok bermain

Kelompok bermain adalah satuan pendidikan anak usia dini nonformal yang menyelenggarakan pendidikan bagi anak di bawah usia lima tahun. Kelompok bermain biasanya hanya bekerja sampai tengah hari dan dikelola oleh perawat anak usia dini atau sukarelawan. Pada tahap pendidikan ini, anak diajarkan berbagai aspek seperti kecerdasan emosional dan mental, perkembangan motorik, dan interaksi sosial. Metode pembelajaran di playgroup baisanya dilakukan dengan cara yang playful, agar anak bisa bermain sambil belajar dengean menyenangkan.

4. Taman Penitipan Anak

Taman Penitipan Anak (TPA) adalah jenis informal dari entitas PAUD-nya yang menyelenggarakan program pendidikan untuk anak-anak sejak lahir hingga berusia enam tahun. Prioritas adalah dari lahir sampai tahun ke-4. Ada enam indikator yang menentukan kriteria kualitas TPA. Hubungan anak-pengasuh, orang tua, jadwal kegiatan, lingkungan dan fasilitas, dan kemitraan dengan orang tua. Tujuan dari Taman Penitipan Anak (TPA) adalah tersedianya kesempatan bagi anak untuk mendapatkan pengasuhan, pengobatan dan pembinaan yang komprehensif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun