Mohon tunggu...
Sheila Dwianisatul
Sheila Dwianisatul Mohon Tunggu... Seniman - Sheila Dwi anisatul

Bismillahirrahmanirrahim

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Konsep Alat Permainan Edukatif dari Beberapa para Ahli

29 September 2021   05:24 Diperbarui: 29 September 2021   05:35 57 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Konsep Alat Permainan Edukatif dari Beberapa para Ahli
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Konsep alat permainan edukatif menurut montesori, Elizabeth Peabody, forebel, criussenne.
Bagaimana jika anak usia dini tidak mengalami bermain yang menyenangkan? Apa dampak yang terjadi pada anak jika mereka tidak puas dengan bermain permainannya?....

Mari kita pelajari tentang alat permainan edukatif untuk anak usia dini yang memiliki fungsi dan manfaat yang sangat banyak sekali. Sebelum kita menuju fungsi dan manfaat alangkah lebih baiknya kita ke pengetahuan secara umum alat permainan edukatif. 

Alat permainan edukatif merupakan alat permainan anak usia dini yang dapat mengembangkan segala aspek perkembangan pada anak yaitu spiritual, kognitif, motorik kasar, motorik halus, sosioemosional, bahasa, seni. 

Anak usia dini tentu membutuhkan eksplorasi tentang bermain dan belajar, belajar anak melalui bermain maka dari itu anak usia dini lebih dominan ke bermain tidak belajar yang harus focus satu materi. 

Permainan jenis apa saja yang dapat mengembangkan segala aspek perkembangan anak yaitu terdapat puzzle dan balok yang dimana alat permainan tersebut banyak sekali manfaatnya. 

Puzzle dan balok dalam aspek perkembangan spiritual yaitu ketika anak berdoa sebelum dan sesudah memulai aktivitas, kognitif ketika anak mampu menyusun kerangka yang tepat dan baik, motorik halus yaitu ketika anak mengambil, menata, menggapai potongan puzzle kemudian diletakkan dengan benar. 

Sosioemosional yaitu ketika anak mampu mengendalikan emosi dan kesabaran ketika bermain alat permainan tersebut, bahasa ketika anak mampu mengucap kata dan kalimat secara benar, seni contohnya ketika anak mampu bernyanyi dan menirukan gambar yang ada di alat permainan tersebut missal puzzle ikan anak menyanyikan lagu bertema ikan dan menirukan gerakan ikan berenang.

Alat permainan edukatif memiliki fungsi bagi anak usia dini yaitu mampu mengembangkan intelegensi, daya cipta anak. Manfaat alat permainan edukatif juga tidak kalah yaitu sebagai alat yang membantu pendidik disekolah, jadi menjadikan media serta fasilitas anak ketika berada di sekolah. 

Alat permainan edukatif memiliki banyak teori yang mendasar dari berbagai para ahli yang sudah membuktikan penemuannya. 

Seperti Montessori, Elizabeth Peabody, Forebel, criussenne para ahli tersebut menemukan konsep- konsep dasar dari alat permainan edukatif.

Berdasarkan beberapa ahli dan konsep teorinya, kita akan membahas satu persatu tentang konsep bermain alat permainan edukatif. Menurut ahli Montessori mencipakan alat permainan edukatif yang memudahkan anak mempelajari dasar- dasar tanpa perlu bimbingan baik dari pendidik atau orang tua. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan