Mohon tunggu...
Shavira Retno Widayanti
Shavira Retno Widayanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Sastra Inggris Untag Surabaya

Saat ini tengah menempuh perkuliahan di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN Reguler UNTAG Surabaya Melakukan Pengajaran Bahasa Inggris untuk Anak Usia Dini dengan Alat Peraga

30 Juni 2022   16:45 Diperbarui: 30 Juni 2022   16:53 45 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat  sebagai perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi secara penuh yang mencakup Pendidikan, penelitan dan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini wajib diadakan oleh setiap perguruan tinggi di Indonesia. 

Hal tersebut pun berlaku di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya yang pada tahun ini bertemakan "KKN Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh". Kegiatan ini diadakan pada setiap semester dan umumnya diadakan secara berkelompok. Namun, pada semester ini, kegiatan dilaksanakan secara individu di domisili masing-masing dikarenakan situasi pandemi COVID-19 yang masih naik turun. Namun tidak menurunkan semangat peserta KKN Reguler.

Shavira Retno Widayanti, mahasiswi Sastra Inggris Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya dengan Bapak Muh. Jufri Ahmad, S.H., M.M., M.H. selaku dosen pembimbing lapangan. 

Dalam kegiatan ini, ia bekerja sama dengan TK Pamiwahan Putra II Wahyu Luhur yang berlokasi di wilayah RT 05 RW 09, Kelurahan Tambaksari dalam program kerja membantu meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Inggris di TK tersebut dengan bantuan alat peraga.

Dokpri
Dokpri

Program KKN ini dibuat karena pembelajaran Bahasa Inggris yang ada pada mitra sebelumnya menggunakan benda yang sesungguhnya tanpa alat peraga edukatif. 

Dalam hal ini, alat peraga edukatif akan membuat anak-anak merasa enjoy diwaktu pembelajaran dan memudahkan mereka untuk memahami kata dalam Bahasa Inggris yang untuk usia mereka sifatnya adalah pengenalan. Kegiatan ini dilaksanakan pada pertengahan bulan Juni, menyampaikan beberapa materi pengajaran dengan menggunakan alat peraga flashcard, dan juga poster yang di design langsung oleh mahasiswi yang disesuaikan dengan tema pengajaran.

Hasil dari kegiatan ini, anak lebih mudah mengingat kosa kata dalam Bahasa Inggris yang diajarkan, pembelajaran menjadi lebih menyenangkan karena terdapat interaksi antara pengajar dan murid.

#UntagSurabaya #KitaUntagSurabaya #UntukIndonesia #UntagSurabayaKeren #EcoCampus #KampusKompeten

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan