Mohon tunggu...
Sharon Aprilia
Sharon Aprilia Mohon Tunggu... Tempat Menulis

Salam damai

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Inilah, Isi Tas Mahasiswa FISIP UAJY

24 Oktober 2018   10:23 Diperbarui: 24 Oktober 2018   15:42 0 1 0 Mohon Tunggu...
Inilah, Isi Tas Mahasiswa FISIP UAJY
Sumber: dokumen pribadi

YOGYAKARTA - Padatnya aktivitas mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), mengharuskan mereka menyiapkan sejumlah barang untuk menunjang performa mereka di kampus. Bukan hal aneh apabila kita menemukan mahasiswa yang datang ke kampus dengan sebuah tas yang tampak penuh-padat, karena di dalam tas itulah mahasiswa menyimpan semua kebutuhannya.  Lalu, apa saja sih yang biasanya dibawa oleh mahasiswa FISIP UAJY? Yuk, kita bongkar isi tas mereka. 

  • Buku

sumber: www.etsy.com
sumber: www.etsy.com

Bagi mahasiswa FISIP UAJY, buku merupakan barang yang wajib ada di dalam tas mereka, terlepas dari fakta buku tersebut jarang digunakan untuk mencatat materi perkuliahan. Maka dari itu, mereka hanya menyiapkan satu buah buku untuk semua mata kuliah yang ditempuh pada satu semester. Selain buku, banyak mahasiswa FISIP UAJY memilih membawa sebungkus atau beberapa lembar kertas binder untuk mencatat.  Namun, ada juga mahasiswa yang tidak membawa buku atau kertas binder ke kampus. Materi perkuliahan yang disimpan dan dapat diakses secara online di situs kuliah menjadi penyebab utamanya. Hal ini dikonfirmasi oleh salah satu mahasiswi FISIP UAJY angkatan 2016, Johanna Juanita (20). 

"Kalo yang aku lihat ya, temen-temen jarang bawa buku. Mereka cuma modalin materi yang udah di upload di situs, jadi buat apa nyatet gitu lho." Ujar cewek yang kerap dipanggil Hanna ini, Selasa kemarin (23/10,2018).

  • Alat Tulis

sumber: https://i.pinimg.com
sumber: https://i.pinimg.com
Pena, pensil, penghapus, highlighter, dan correction pen adalah sepaket alat tulis yang selalu dibawa di dalam tas mahasiswa FISIP UAJY. Dalam membawa alat tulis, mahasiswa FISIP UAJY dapat dikategorikan menjadi dua jenis:
  1.  Mahasiswa yang membawa alat tulis secara lengkap dan dimasukkan ke dalam kotak pensil. 
  2. Mahasiswa yang membawa satu-dua pena saja.

themerrythought.com
themerrythought.com
Nah, yang satu ini kudu-wajib-banget ada di dalam tas mahasiswa FISIP UAJY karena di dalamnya terdapat hal-hal krusial yang menentukan hidup-matinya mahasiswa, salah satunya adalah uang cash. Uang cash memiliki andil besar dalam keberlangsungan hidup mahasiswa di kampus. Tanpanya, mahasiswa tidak bisa jajan, makan siang, dan membayar fotokopi materi. Selain uang, hal penting yang ada di dompet adalah tanda pengenal seperti KTP, KTM, SIM, STNK, dan kartu ATM.
  • Folder

www.blibli.com
www.blibli.com
Folder (map) merupakan barang yang kerap dibawa oleh mahasiswa FISIP UAJY. Rayi Angger (20) merupakan salah satu mahasiswa FISIP UAJY yang selalu membawa folder di dalam tasnya. Rayi menggunakan folder untuk menyimpan dokumen penting seperti, sertifikat, fotokopi materi, dan bahan presentasi. 

"Bagiku map itu penting karena aku nyimpen apa-apa di sana. Kertas yang dipakai buat pertemuan besok-besok, aku simpan di sana biar nggak lupa. Folder juga aman buat kertasnya biar nggak kelipat-lipat." Kata Rayi saat ditemui di basement kampus 4 UAJY, Selasa (23/10/2018).

  • Charger

i.pinimg.com
i.pinimg.com
Charger adalah barang yang tidak pernah lupa dibawa sama mahasiswa FISIP UAJY. Seperti dompet, charger juga menentukan hidup-matinya mahasiswa  di kampus. Nggak bawa charger sama dengan kiamat karena bagi mahasiswa, saat ini ponsel memegang peran yang penting. Bukan hanya untuk berkomunikasi dengan keluarga atau teman, adanya tugas yang harus dikerjakan secara online menyebabkan mahasiswa membutuhkan ponsel lebih dari biasanya. Jika baterai  ponsel tidak terisi penuh artinya...bye-bye tugas, bye-bye nilai.  

"Sekarang kuliah butuh hape, hape butuh internet, dan internet bikin batre boros. Makanya charger itu penting." Ujar Rayi.

  • Makeup (Khusus Mahasiswi)

www.notonthehighstreet.com
www.notonthehighstreet.com
Polusi udara dan beratnya perkuliahan menyebabkan wajah kita terlihat kusam, berminyak, dan pucat. Riasan yang dikenakan sebelum pergi ke kampus seakan lenyap begitu saja. Maka dari itu, banyak mahasiswi FISIP UAJY membawa pouch yang isinya makeup untuk menjaga keadaan wajah agar tetap tampil fresh. Christwina Ageng (20) adalah satu dari banyak mahasiswi FISIP yang selalu membawa pouch makeup di dalam tasnya. Untuk menyamarkan minyak di wajahnya, ia selalu membawa bedak di dalam pouch nya. Tak hanya bedak, Christwina tak lupa membawa liptint, lipbalm, dan sisir.
  • Tissue

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2