Mohon tunggu...
Video Inspirasiku
Video Inspirasiku Mohon Tunggu... Freelancer - Pembelajar yang senang berbagi pengalaman.

Saya adalah seorang pengusaha di bidang jasa. Sangat suka menulis, sehingga saya curahkan tulisan-tulisan saya di kompasiana ini.

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Cara Cerdas untuk Segera Dapat Pekerjaan

19 September 2017   23:36 Diperbarui: 7 Oktober 2017   20:51 1361 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kuantitas alumni SMA dan Perguruan tinggi semakin meningkat saban tahunnya. Pertambahan banyaknya lowongan kerja yang tidak seberapa takkan kuat menyerap mereka semua. Imbasnya, perebutan pada dunia pekerjaan makin sulit.

Perusahaan pun makin selektif dalam mengangkat tenaga kerja baru. Pasalnya, dari banyaknya alumni juga nggak seluruhnya menguasai skil mumpuni. Belum seluruhnya layak turun di dunia kerja yang cenderung penerapan.

Perusahaan cenderung untuk memilih pelamar yang telah memiliki pengalaman kerja lebih dahulu. Akibatnya lulusan baru semakin susah untuk meraih jabatan di perusahaan.

Bila ada lulusan baru rata-rata belum memiliki keberanian untuk menampakkan apa yang dia miliki ke perusahaan. Entah karena sedikitnya ketrampilan atau minimnya kecakapan memasarkan diri ke perusahaan.

Nah, berikut ini ideas dari saya agar Anda dapat secepatnya bekerja di perusahaan.

Bersedia Terus Terang dan Fungsikan Relasi yang Ada

Sebaiknya Anda terbuka kepada semua teman bahwa Anda belum bekerja. Sikap jujur seperti itu akan memicu kepedulian orang-orang di sekitarmu, untuk meluangkan sedikit waktu untuk memberitahukan untukmu jika mereka mengetahui informasi lowongan bagus.

Semakin banyak bercerita ke orang maka makin berlimpah Anda akan memperoleh info lowongan istimewa dan minim kompetitor. Meski mungkin terdapat orang-orang tertentu yang tidak perlu Anda bicarakan problemmu, yakni orang-orang yang gak suka padamu.

Jemput Bola

Bila sudah letih memanfaatkan kabar loker, semestinya Anda mencoba trik lain, yaitu jemput bola. Maknanya yaitu Anda mendatangi pemilik work langsung, dan menawarkan diri untuk menggerapnya.

Jangan takut, sebab orang-orang kaya word play here pernah melakukannya. Contohnya sewaktu awal mula Ciputra merintis bisnisnya bersama pasangan. Mereka menghampiri gubernur Jakarta kala itu di tahun 1972, dan memperkenalkan diri sebagai tamatan ITB. Lalu mereka menawarkan diri untuk menanggulangi salah satu masalah di DKI. Jakarta. Seiring waktu berjalan mereka mencapai kesuksesannya. Kemudian kita mengenal mereka dengan MIDAS, yang mengubah location tumpukan sampah menjadi lahan emas, seperti Ancol.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ekonomi Selengkapnya
Lihat Ekonomi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan