Mohon tunggu...
Sharfina
Sharfina Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Content Writer

Penikmat obrolan satu frekuensi ☕

Selanjutnya

Tutup

Beauty Artikel Utama

Simak 5 Cara Membersihkan Wajah dengan Benar agar Kulit Bersih dan Sehat

22 September 2022   15:18 Diperbarui: 23 September 2022   00:11 611 11 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Penting untuk mengetahui cara mencuci muka yang benar sehingga kita bisa membersihkan secara maksimal (FREEPIK/PVPRODUCTIONS) 

Memiliki wajah yang bersih dan sehat, tentunya menjadi dambaan semua orang. Oleh karenanya untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu harus rutin membersihkan wajah.

Sayangnya, bagi sebagian orang, aktivitas membersihkan wajah sering kali dilakukan asal-asalan. Padahal, cara membersihkan wajah yang tepat, bisa bikin wajah jadi bersih dan juga sehat.

Nah berikut ini 5 cara tepat membersihkan wajah yang bisa kamu praktekkan!

Pertama, jika kamu baru saja menggunakan makeup seharian. Maka, kamu perlu menghapus makeup kamu dengan makeup remover atau yang lebih dikenal dengan micellar water sebelum membersihkan muka dengan sabun.

ilustrasi membersihkan wajah dengan micellar water(Prostock-studio)
ilustrasi membersihkan wajah dengan micellar water(Prostock-studio)
Adapun tujuan membersihkan wajah dengan makeup remover atau micellar water adalah untuk mengangkat sisa kotoran maupun sisa makeup yang menempel pada wajah, sehingga kulit wajah terhindar dari permasalahan kulit, seperti komedo maupun jerawat.

Kedua, menggunakan sabun atau facial wash yang sesuai dengan kondisi kulit.

Ilustrasi cuci wajah(PEXELS/RON LACH)
Ilustrasi cuci wajah(PEXELS/RON LACH)
Memilih facial wash yang sesuai dengan jenis kulit sangat penting. Sebab, jika tidak sesuai kebutuhan kulit, maka kulit rentan terkena iritasi. Dilansir dari hellosehat.com, cara memilih facial wash berdasarkan jenis kulit ada caranya.

Jika memiliki kulit berminyak, maka pilihlah sabun yang mengandung eksfoliator seperti AHA atau asam salisilat agar dapat mengangkat sel kulit mati penyebab kulit kusam.

Kemudian, bagi pemilik kulit kering, maka dapat memilih facial wash yang ada kandungan pelembab, seperti  hyaluronic acid, gliserin, ceramides, atau berasal dari bahan alami seperti lidah buaya. Serta mengurangi kandungan alkohol.

Lalu, bagaimana dengan kulit kombinasi? Maka, pemilik kulit kombinasi dapat menggunakan facial wash bersifat nonkomedogenik.

Dan, bagi pemilih kulit sensitif, maka dibutuhkan facial wash berbahan lembut dengan sedikit busa dan menghindari sabun berbahan eksfoliator.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Beauty Selengkapnya
Lihat Beauty Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan