Mohon tunggu...
Sharfina
Sharfina Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Content Writer

Penikmat obrolan satu frekuensi ☕ | Suka jalan-jalan ke tempat baru sambil motret tidak asal jepret 📸

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Era Sudah Digital, Apakah Brosur Masih Menjadi Promosi yang Efektif?

31 Maret 2022   13:38 Diperbarui: 31 Maret 2022   19:11 1832
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi promosi offline (Sumber:  Pexels/Henry & Co.)

Selama pandemi dan banyak menghabiskan waktu di rumah, semakin ke sini saya merasa menjadi introvert. Interaksi dengan manusia semakin jarang, berjemur hampir tidak pernah, dan bahkan keluar rumah bisa terhitung jari.

Suatu hari ibu menyuruh saya agar berjemur di luar, maka saya pun menuruti, hitung-hitung biar menambah asupan vitamin D dari sinar matahari. 

Saat saya baru melangkahkan kaki ke dekat pagar, saya melihat beberapa brosur iklan terselip di pagar rumah saya.

Brosur tersebut pun beragam jenisnya, mulai dari brosur fast food, service elektronik, hingga brosur kredit motor.

Saya pun mengambil salah satu sembari berkata dalam hati, "Memangnya promosi lewat brosur masih zaman ya?"

Memanfaatkan Media Sosial
Ilustrasi promosi lewat media sosial (Sumber: Pexels/pixabay)
Ilustrasi promosi lewat media sosial (Sumber: Pexels/pixabay)

Meski zaman sudah memasuki era digital, sepertinya pelaku bisnis sudah saatnya memanfaatkan media sosial. Apalagi bagi mereka yang memiliki usaha berskala kecil.

Seperti diketahui, platform media sosial kini banyak jenisnya, nah bagi kamu pelaku bisnis, bisa memulai dari yang termudah yaitu lewat WhatsApp. Aplikasi pesan singkat buatan Jan Koum ini memang kehadirannya tidak bisa lepas dari genggaman tangan.

Bahkan sekarang tersedia WhatsApp bisnis, kamu bisa memulai langkah pertama dengan download WhatsApp bisnis dari Playstore. Setelah diunduh, kamu bisa memulai  dengan melengkapi Business profile, mulai dari foto profil, nama, hingga alamat email. Jangan lupa, lengkapi foto produk yang akan kamu jual begitu pula dengan deskripsi dan juga harganya.


Manfaatkan greeting message atau pesan otomatis yang berguna untuk memperkenalkan usaha ke pelanggan baru. Dengan menggunakan fitur greeting message ini, tentunya pelaku usaha dapat memberikan pelayanan terbaik sehingga tidak perlu stand by mengetikkan hal yang sama berulang.

Selanjutnya kamu bisa kelola kontak dan obrolan dengan menggunakan label. Fitur ini membantu pengelola bisnis mengelola kontak dan obralan, sehingga memudahkan untuk memfilter dari mana pertanyaan yang masuk, apakah dari pelanggan baru atau lama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun