Sharfina Shabirahannisa
Sharfina Shabirahannisa Content Writer

A Movie Buff│ Ilmu yang bermanfaat adalah "tulisan" yang dapat memberi pengetahuan untuk orang lain │Contact: sharfinaannisa1993@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Muda Artikel Utama

Dosen Pembimbing Sulit Ditemui, Mahasiswa Bisa Apa?

13 Februari 2018   08:37 Diperbarui: 13 Februari 2018   11:23 2659 9 3
Dosen Pembimbing Sulit Ditemui, Mahasiswa Bisa Apa?
www.youthmanual.com

Semester akhir di dalam dunia perkuliahan bisa dikatakan momen paling krusial, sebab di semester ini mahasiswa akan dihadapkan dengan tugas akhir yang bernama skripsi. Tak jarang dalam mengerjakan skripsi, mahasiswa menjadi stres, sehingga sangat diperlukan peran dosen pembimbing untuk membimbing mahasiswa.

Namun, tak jarang "rasa takut" sering dirasakan di kalangan mahasiswa sebelum mendapatkan dosen pembimbing. Tentunya, hal tersebut dirasa wajar, sebab peran dosen pembimbing juga  yang akan menentukan cepat atau lamanya mahasiwa yang dibimbing itu lulus. Lalu, bagaimana jikalau kamu mendapatkan dosen yang susah ditemui saat bimbingan? Lalu, apa saja yang harus kamu lakukan?

Jangan Sungkan untuk Menghubungi Dia Duluan, Takutnya Dia Lupa

www.nasmagazin.com
www.nasmagazin.com
Lupa memang sifat alamiah manusia dan hampir dialami oleh setiap orang baik remaja hingga orang tua. Mungkin hari ini jadwal kamu bimbingan dengan dosen pembimbing, tapi sayangnya kabar dari dia tak kunjung datang. Nah jikalau hal ini terjadi kepadamu, cobalah untuk memulai untuk menghubungi dia.

Namun, ketika akan menghubungi dia melalui telepon atau pesan singkat, perhatikan pula etika kesopanan, mulai dari menyapa dia dengan salam terlebih dahulu, gunakanlah juga kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar. Terakhir yang paling penting, perhatikan waktu di mana kamu akan mengirim pesan, ada baiknya pesan yang dikirim cukup sekali saja, antara pagi atau siang. 

Perhatikan Progress Kerjamu kepada Dosen Pembimbing

www.hipwee.com.
www.hipwee.com.
Hal lain yang perlu diperhatikan adalah tunjukan progress kerjamu dna jangan sungkan juga untuk mengeluarkan idemu. Semakin kamu menguasai isi skripsimu, hal tersebut menandakan kamu anak yang pintar dan siap untuk melaksanakan sidang. 

Selain itu jangan sungkan untuk mengeluarkan ide dan sanggahan jikalau kamu tidak sepaham dengan dosen pembimbingmu, siapa tahu semakin kalian sering bertukar pendapat, wawasanmu akan semakin luas dan hitung-hitung kamu latihan "debat sidang" sebelum merasakan "sidang yang sesungguhnya." 

Kalau Dosenmu Cuek, Ada Baiknya Kamu Bersikap Agresif

www.doctormichaelhart.com
www.doctormichaelhart.com
Apakah kamu sedang merasakan hal ini? jangan langsung pesimis ya. Jikalau kamu mendapatkan dosen pembimbing yang cuek kamu jangan pasrah. Jadikan proses bimbingan ini layaknya magnet. Kamu harus berusaha untuk menarik dia dengan sedikit agak "agresif", namun "agresif" ke arah yang positif. 

Jangan karena dia bersikap cuek, kamu jadi ikutan cuek dan hanya berdiam diri tanpa usaha. Justru sebaliknya, kamu harus berusaha untuk menghubunginya dan menemuinya. Sebab, usaha "agresif yang positif" itu menandakan bahwa kamu serius untuk mengerjakan skripsi, ingin cepat sidang dan segera lulus. 

Jangan Beranjak untuk Pulang ketika Kamu Belum Bertemu dengan Dosenmu

www.plurk.com
www.plurk.com
Terkadang saking lelahnya dengan dosen pembimbing yang jarang ditemui, kamu jadi less effort untuk sekedar menunggu jika sudah tiba di kampus. Padahal apa salahnya untuk sekedar menunggu? Jangan cuma menunggu mantan datang doang dong. dosen pembimbing pun juga perlu ditunggu biar enggak pergi pas kamu lagi lengah. Bisa saja dia sedang ada rapat atau mengajar di kelas lain. Lalu, jikalau kamu sudah menunggu terlalu lama, ada baiknya untuk segera menghubungi dia dan mengingatkannya. 

Menjadi mahasiswa akhir memanglah tidak mudah, diperlukan usaha yang keras untuk mencapai kelulusan. Jadi, agar skripsimu berjalan lancar, cara terbaik adalah perbanyak ibadah kepada Tuhanmu untuk mempermudah jalan kelulusanmu.