Mohon tunggu...
Sharent Vanessa
Sharent Vanessa Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas Pelita Harapan

Hello!

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Memangnya Gendut Itu Dosa?

2 Maret 2021   12:18 Diperbarui: 2 Maret 2021   12:30 43 1 0 Mohon Tunggu...

Banyak sekali orang yang menganggap standar kecantikan dengan memiliki tubuh ideal, berkulit putih, memiliki rambut lurus, mengenakan pakaian mahal, menggunakan makeup yang tebal, memiliki kaki yang jenjang, dan masih banyak lagi standar kecantikan yang digunakan bagi masyarakat untuk menilai seseorang.

Namun siapa sangka bahwa banyak sekali orang yang bertubuh besar di luar negeri sangat dihargai keberadaannya. Seperti Johanna Dray, Denise Bidot, Crystal Renn, Chloe Marshall, Kate Dillon, dan yang lainnya bahkan dijadikan sebagai model dari brand Victoria's Secret sebagai supermodel dengan ukuran tubuh besar. Di luar negeri mereka sangat dihargai keberadaannya dan mendapatkan perlakuan yang sama dengan model yang memiliki tubuh ideal.

Media sosial selain memiliki fungsi untuk mendekatkan, menyambungkan relasi, namun media sosial juga memiliki dampak yang sangat buruk untuk orang-orang yang memiliki "kekurangan" yang orang lain katakan. 

Standar kecantikan yang dibuat khususnya di Indonesia menjadikan seseorang memiliki tolak ukur untuk menilai penampilan yang diberikan masyarakat. Tanpa disadari, orang cenderung menuntut bagaimana seseorang itu harus menjadi. Memiliki tubuh yang besar di katakana sebagai suatu "kekurangan" dan tidak jarang orang dengan mudahnya beranggapan bahwa cantik itu harus memiliki tubuh yang ramping.

Media sosial sangat bebas diakses oleh siapapun, mereka dapat beropini dan mengemukakan pendapat yang mereka ingin tujukan kepada orang lain, ujaran kebencian, body shaming, sering kali ditemukan di kolom komentar dan tak jarang membuat orang hingga depresi.

Apasih salahnya orang memiliki tubuh besar?

Mereka tidak mengganggu kalian, mereka tidak meminta makanan kepada kalian, mereka juga pasti memiliki keinginan untuk memiliki tubuh yang ideal sesuai dengan standar masyarakat inginkan, namun semua orang tidak bisa menjadi seperti yang orang lain inginkan, bukan? Mungkin orang bertubuh besar memiliki keunikan dibidang lain yang orang lain tidak miliki.

Pernah dengarkah kalian kalimat yang banyak orang lain cetuskan seperti :

"Orang cantik mah bebas"

"Coba kurus, pasti cantik!"

"Makan lo banyak banget sih, gimana gak gendut"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x