Mohon tunggu...
Shara Octaviani
Shara Octaviani Mohon Tunggu... Lainnya - Epicure

Menjadi pelaku dari pengalaman yang dituliskan untuk berbagi cerita dan belajar untuk memahami isi dunia

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Rasa Spanyol di Jakarta, Plan B

1 Juli 2020   10:26 Diperbarui: 1 Juli 2020   10:33 151
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Makanan Spanyol, adalah makanan yang sangat jarang kita temui di Jakarta. Makanan Timur Tengah, makanan Jepang maupun makanan Cina lebih sering kita jumpai di banyak tempat. Maka dari itu ketika teman saya mengajak saya mencicipi makanan Spanyol yang ada di bilangan jakarta saya sangat bersemangat. Plan B itulah nama restaurannya, dekat dengan kantor teman saya yang berada di bilangan permata hijau jakarta.

Saat itu sebenarnya sudah masuk jam makan malam (buat saya) namun restorannya masih terlihat sepi hanya satu dua bangku terisi. Ragu ragu saya masuk kesana karena takut bukan hanya mahal tapi ga enak namun karena teman saya sudah pernah mencoba sebelumnya maka saya memberanikan iri untuk masuk dan memesan beberapa pilihan.

Tapas, adalah makan kecil yang di sajikan seperti appetizer. Memang di Spayol sana makanan ini sangat populer dan dapat dijumpai dimana mana. kami memesan beberapa tapas seperti udangan yang di masak dengan hebrs dan butter, gurita yang di masak sampai empuk dan di bawahnya terdapat kentang tumbuk serta artichoke dengan stroberi

Udang dengan herbs
Udang dengan herbs
Memang porsi yang di sajikan cenderung kecil, yah namanya juga appetizer. Untuk udangnya sendiri sangat fresh dan tidak amis, butternya yang gurih yang herbs yang wangi membuat santapan kami sangat lezat.

Octopus
Octopus
Untuk Tapas kedia kami adalah sang gurita, saya tidak menyangka bahwa ini akan menjadi tapas favorit saya disana. Gurtita yang terkenal alot dimasak sedemikian rupa sehingga empuk. 

Proses pemanggangan juga menghasilkan rasa smoky dari makanan ini. textur gurita sendiri berbanding terbalik dengan kentang tumbuk yang ada di bawahnya sehingga begitu kita makan rasa gituta yang kenyal, kentang yang halus dan creamy bercampur menjadi satu

artichoke dengan stroberi
artichoke dengan stroberi
Tapas yang terakhir adalah artichoke dan stroberi. Makanan ini sangat unik, sangat spanyol dimana mendampingkan sayur dan buah secara bersamaan, rasanya yang enak dan segar menjadikan tapas yang satu ini promadona di Plan B.

Paella
Paella
Masuk manakan utama kami memesan makanan yang namanya PAELLA, Paella sendiri berasal dari nasi yang di masak dengan bumbu dan berbagai protein yang didiamkan (tidak di aduk aduk) sehingga di bagian bawahnya sedikit berkerak yang sangat penuh dengan rasa. 

Proteinnya sendiri bisa ayam, daging, seafood maupun hanya sayuran. yang terkenal memanglah dengan seafood karena seperti di ketahui Spanyol sendiri memili laut yang cukup luas, namun kali ini kami memesan yang ayam dan daging. Rasanya sangat nikmat dan bercampur dengam bumbu bumbu yang sudah di racik seperti saffron, tomat, paprika dll. 

Setelah mencicipi seluruh makanan yang di hidangkan, saya sangat puas dengan rasa rasa yang di sajikan. Sangat otentik dengan apa yang dihidangkan di Spanyol sana. Makin malam ternyata pengunjungnya makin ramai. Ketika kami beranjak pulang sekitar jam 21.30 malam, seluruh meja terisi penuh dan malah banyak yang waiting list. ini membuktikan bahwa restaoran ini memiliki banyak penggemarnya. 

Bagi yang suka makanan Spanyol, harus mencoba Plan B, terutama di restorannya langsung di bilangan permata hijau, menurut saya ia masi nomer 1 di Jakarta namun apabila ada resoran lain yang saya bisa kunjungi mohon infonya dikolom komentar ya.

makasii

Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun