Mohon tunggu...
Deny Hen
Deny Hen Mohon Tunggu... Konsultan - Life & Marriage Coach

Founder Pembelajar Hidup, Life & Marriage Coach, Motivator, Penulis buku "The Great Marriage".

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Artikel Utama

Rahasia Rumah Tangga Harmonis Sampai Tua ala Bondan Winarno

30 November 2017   17:13 Diperbarui: 8 Desember 2017   13:17 17306
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
jabar.tribunnews.com

Di restoran yang konon makanannya terkenal enak itu, seorang pria paruh baya di tempat duduknya memakan udang merah yang terlihat begitu lezat. Lalu ia mengangkat tangan kanannya, membentuk angka 0 dan berkata, "MAKNYUSSSSS......" sambil tersenyum.

Ya, Bapak Bondan Winarno, seorang jurnalis yang kemudian namanya menjadi begitu terkenal setelah menjadi ikon wisata kuliner di Indonesia baru saja pulang dipanggil Sang Penguasa Alam. Karya-karyanya semasa beliau hidup terus akan menjadi warisan budaya yang dikenang banyak orang. Lepas dari karya-karyanya tersebut, terbesit suatu kisah romantis mengenai seorang selebriti yang terus menjaga pernikahannya tetap harmonis bersama sang istri.

Kisah Cinta Bondan dan Yvonne

Bondan Winarno, lahir di Surabaya, Jawa Timur tanggal 29 April 1950 (meninggal umur 67 tahun), pertama bertemu dengan belahan jiwanya ketika pada tahun 1974 diminta tempat ia bekerja untuk pergi ke Belanda. Ia meminta seorang wanita cantik blasteran bernama Yvonne untuk membantunya dalam mengurus visa ke Belanda.

Dari pertemuan itu timbulah rasa cinta yang bersemi di antara mereka dan mereka pun akhirnya menikah pada 12 Januari 1975.

Usia pernikahan mereka mencapai 42 tahun sebelum maut akhirnya memisahkan mereka berdua.

Rahasia Keluarga Harmonis Sampai Tua ala Bondan Winarno

Sangat tidak mudah bagi 2 individu untuk mengarungi bahtera kehidupan bersama dengan keinginan, kepribadian dan kebiasaan masing-masing. Dari kisah cinta Pak Bondan dan Yvonne Winarno, saya menangkap ada sedikitnya 5 poin yang menjadi rahasia rumah tangga harmonis mereka. 5 poin tersebut terdiri dari 5 huruf: MDRIT (Memory-Dating-Ritual-Intimacy-Tolerance) yang untuk gampangnya kita sebut saja Mama Datang Rumah Impian Terkenang.

1. Mama (Memory)

Memori yang dimaksud di sini adalah kenangan indah yang kita miliki bersama pasangan. Kita semua pasti memiliki kenangan yang indah bersama pasangan kita. Indah di sini bukan selalu berarti pengalaman yang menyenangkan. Pengalaman yang buruk saat kita kenang dapat menjadi memori yang indah (beautiful memory) yang akan diingat sepanjang masa.

Suatu hari saat saya dan istri tercinta baru saja menikah, kami masih tinggal di sebuah kamar kos di Jakarta. Istri saya yang sangat menyayangi saya, setiap malam membuatkan saya jahe panas untuk meredakan sakit arthritis yang saya derita. Malam itu seperti biasa ia menggunakan teko air berpemanas listrik untuk membuatkan saya jahe panas. Sayangnya karena kurang hati-hati, kakinya terkena colokan listrik teko air tersebut yang ternyata sangat panas sekali (sepanas elemen pemanasnya). Istri saya langsung menjerit tetapi ia terus menahan sakit karena di tanggannya sedang memegang air jahe yang panas itu.

Saya pun segera menghampirinya dan melihat kakinya yang sudah terluka. Terlihat jelas melepuh karena luka bakar, dan segera melakukan pertolongan pertama pada luka bakar tersebut.

Pengalaman singkat, namun bagi saya sangat berkesan karena mengingatkan saya akan betapa sayangnya dia kepada saya. Pengalaman kami itu adalah beautiful memory bagi saya.

Pak Bondan dan istrinya mengingat kenangan indah mereka saat menikah dengan mengulang pernikahan mereka di Desa Kanaan, Israel pada 2003 yang lalu. Memori yang indah perlu dikenang sehingga memberikan kekuatan ekstra bagi kita untuk lebih menyayangi dan mencintai pasangan kita.

2. Datang (Dating)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun