Travel Pilihan

Branding Angkat Wisata Daerah Kebumen ala Putri Daerah

12 Februari 2019   15:59 Diperbarui: 12 Februari 2019   16:15 30 2 0
Branding  Angkat Wisata Daerah Kebumen ala Putri Daerah
Fitri Septiyani ( sumber foto facebook fitri septiyani)

Adalah seorang Fitri Septiyani, putri daerah yang memiliki perhatian lebih terhadap kemajuan pariwisata di Kebumen. Kecintaan dan keperduliaanya terhadap kemajuan pariwisata Kebumen membuatnya mau melakukan apapun untuk memajukan pariwisata yang ada di Kabupaten Kebumen. Sebuah kabupaten yang ada di Jawa Tengah. 

Mulai dari mengikuti ajang pemilihan duta pariwisata Kebumen (atau pemilihan mas dan mbak Kebumen),sampai mengajukan lamaran di sebuah biro perjalanan. Semua itu dilakukan Fitri agar dia bisa berbuat banyak untuk bisa memajukan pariwisata di Kebumen.

Keyakinanya akan potensi wisata yang ada di Kebumen tidak timbul begitu saja. Dia meyakini kalau dengan adanya perubahan dan pembenahan yang dilakukan secara serius,wisata Kebumen sangat layak dijadikan pilihan destinasi wisata nasional,bahkan internasional. 

Hal itu sedikit terbukti dengan terpilihnya beberapa object wisata di Kebumen yang mampu menarik perhatian beberapa stasiun televisi swasta untuk melakukan liputan khusus. 

Tidak mungkin media sekelas stasiun televisi swasta ternama sembarang dalam memilih lokasi dalam pembuatan salah satu programnya. Tentu saja mereka memilih lokasi tersebut karena mereka juga melihat kalau ada nilai jual yang dimiliki object wisata tersebut. 

Bahkan beberapa tahun yang lalu, salah seorang traveler dari luar Kebumen sempat mengunggah foto foto dokumentasinya ketika berlibur di pantai Menganti. 

Postingan tersebut diberi judul " Hawai nya Indonesia ada di Kebumen " . Bahkan kompas sendiri pernah mengangkat judul yang sama. Pada salah satu artikelnya pada tahun 2015, salah seorang kontributor kompas yang bernama Dody membahas mengenai keindahan pantai menganti yang hampir sama dengan keindahan pantai di Hawai. 

Beberapa hal tersebut menguatkan keyakinan Fitri, bahwa sebenarnya object wisata di Kebumen memang layak untuk dikunjungi wisatawan domestik dan juga wisatawan internasional.

 Hanya saja memang masih membutuhkan beberapa perubahan,beberapa pembenahan yang harus segera menjadi fokus dari pemerintah Kabupaten Kebumen. 

Pantai menganti ( sumber foto traveling yuk)
Pantai menganti ( sumber foto traveling yuk)
Cara yang dilakukan Fitri bisa dibilang cukup berbeda dengan aktifis pariwisata Kebumen lainya. Dia seperti enggan melakukan protest kepada pihak terkait,atau hanya melakukan pertemuan dengan pokdarwis yang ada. 

Dia lebih cenderung mencari permasalahan yang sekiranya bisa dia bantu mencarikan solusi terbaiknya. Solusi yang bisa dia lakukan tanpa harus menunggu keperdulian dari dinas terkait. 

Salah satu yang telah dia lakukan adalah dengan menawarkan object wisata yang ada di Kebumen kepada beberapa client biro perjalanan tempat dia bekerja.Fitri tidak sungkan untuk bercerita mengenai keindahan keindahan object wisata kebumen yang tidak kalah dengan object wisata yang diinginkan oleh clientnya tersebut. 

Cara itu terbilang cukup berhasil,karena ada beberapa client yang melakukan repeat order kepada tempat kerjanya,dengan menentukan pilihan berkunjung ke salah satu object wisata yang pernah Fitri ceritakan keindahanya,yaitu pantai Menganti. 

Dari clientya tersebut pun Fitri tidak sungkan untuk menanyakan kepuasan mereka akan object wisata yang dia rekomendasikan. Dari jawaban jawaban mereka,Fitri semakin tau apa apa saja yang harus dia lakukan apabila ingin mempromosikan object wisata Kebumen agar lebih dikenal wisatawan dari luar Kebumen. 

" Masih banyak PR nya mas,beberapa ngga bisa selesai tanpa keperdulian dari pemerintah" Fitri Septiyani

Memang untuk mempromosikan sebuah tempat wisata daerah bisa dibilang cukup susah. Terlebih nama Kebumen sendiri masih belum begitu dikenal sebagai kota wisata. 

Tetapi Fitri mengaku sudah punya strategi yang bisa dia dan teman temanya realisasikan walau tanpa adanya dukungan dari dinas pariwisata Kebumen. Sebuah strategi promo yang mengadopsi sebuah teknik dalam bisnis,yaitu internet marketing. 

" kalau saja sebuah bisnis baru bisa cepat berkembang dengan melakukan promo di internet,pasti wisata juga bisa. Karena secara garis besar tujuanya adalah sama, Yaitu bagaimana caranya mengenalkan sebuah brand baru agar dikenal oleh target market. " ujar Fitri.

Saat ini yang dilakukan Fitri adalah mempelajari apakah strategi yang ingin dia realisasikan tersebut benar benar bisa dia dan teman temanya kerjakan atau tidak. 

Fitri sedang menggali informasi selengkap mungkin agar ketika gagasan tersebut mereka kerjakan bisa benar benar bisa membawa perubahan. Fitri mengaku sedang mengumpulan informasi mengenai ada atau tidaknya warga Kebumen yang sudah memiliki pengalaman dalam internet marketing. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2