Mohon tunggu...
Shania Situmorang
Shania Situmorang Mohon Tunggu... Communication Student

You Only Live Once

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

AMAN, Ingatlah Masyarakat Adat Nusantara

24 Maret 2021   14:21 Diperbarui: 24 Maret 2021   14:26 60 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
AMAN, Ingatlah Masyarakat Adat Nusantara
Sumber : aman.or.id

Pastinya sebagai warga Indonesia kita tahu bahwa negeri kita ini kaya akan keberagamannya, termasuk populasi dari masyarakat adat di negara ini. 

Sebagai mahasiswa yang mengikuti perkembangan ini lewat AMAN pastinya kami sangat mengetahui bahwa banyak sekali keadilan dari masyarakat adat yang harus ditegakkan di Indonesia. 

Usaha AMAN untuk menegakkan keadilan ini juga butuh bantuan dari masyarakat di luar komunitas adat. Dengan ini lembaga pastinya melakukan fundraising. 

Tapi tahukah juga kalian jika ternyata masyarakat adat merupakan salah- satu pihak yang membantu Indonesia di tengah pandemi ini. Perihal ini yang menjadi sebuah perubahan sosial dalam komunitas adat nusantara. 

Pada berita yang ditulis oleh Akbar (2020) yang menuliskan bahwa pada RAKERNAS AMAN VI pihak AMAN menyatakan bahwa "Pandemi memang sekaligus menjadi penanda perubahan sosial secara cepat." Apakah kalian tahu apa itu perubahan sosial ?

Perubahan Sosial

Perubahan sosial adalah perubahan dalam hubungan interaksi antar individu, organisasi atau komunitas yang bertalian dengan struktur sosial atau pola nilai dan norma. (Goa,2017, h. 54). 

Sejak awal AMAN membantu komunitas adat adalah untuk menyamaratakan kedudukan mereka dengan warga negara Indonesia. Pada awalnya untuk melakukan fundraising maka AMAN akan menghubungi individu yang dimaksud dapat ikut melakukan pendanaan, lalu diera pandemi ini AMAN harus melakukannya dengan menggunakan panggilan telepon dan juga berbagai kegiatan via online. 

Dimana masyarakat adat harus lebih sering menggunakan alat- alat komunikasi. Dana yang terkumpul pada awalnya hanya untuk membangun lingkungan adat sekarang bertambah untuk memberikan bantuan alat- alat yang canggih untuk berkomunikasi. 

Sumber : twitter.com/@RumahAMAN
Sumber : twitter.com/@RumahAMAN
Tak terlupakan bahwa banyaknya masyarakat adat yang terlibat konflik hanya karena mempertahankan tanahnya, dimana kehadiran negara justru menjadi ancaman bagi keberlangsungan kehidupan Masyarakat Adat (Akbar,2020). 

Tidak hanya itu ada perubahan dimana masyarakat urban yang pastinya terkena dampak perekonomian di tengah pandemi yang melanda membuat masyarakat urban kesusahan dalam membeli bahan pokok. 

Yang terjadi pada masyarakat adat adalah bagaimana ketersediaan bahan pokok mereka yang tidak berubah, karena selama ini mereka mengerjakan ladang untuk menjadi bahan pokok makanan mereka. Dengan banyaknya bantuan yang diberikan masyarakat Indonesia bagi masyarakat adat, di tengah pandemi masyarakat adat juga turut melakukan charity dimana mereka memberikan hasil ladang atau panen mereka kepada masyarakat yang membutuhkan, dan itu terjadi di hampir seluruh nusantara pada perayaan hari kebangkitan masyarakat adat nusantara tanggal 17 Maret 2021.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN