Mohon tunggu...
Shania Mustika
Shania Mustika Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

penulis reportase KKN

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mahasiswa KKN Undip Memberikan Edukasi Mengenai Pentingnya Menjaga Postur Tubuh Saat Kerja

14 Agustus 2022   11:30 Diperbarui: 2 September 2022   16:02 47 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Diskusi dengan Kader Posyandu (Dokpri)

Kota Magelang (14/07/2022) -- "Beberapa warga disini ada yang mengalami sakit punggung atau pinggang, dan beberapa lansia yang tidak bisa jalan biasanya kita datangi ke rumah masing-masing untuk posyandu lansia," ujar Arlina sebagai salah satu kader Posyandu RW 3 Kemirirejo saat diwawancarai terkait keluhan masyarakat, dan kegiatan posyandu anak dan lansia.

Berdasarkan keluhan warga, Shania Mustika Ari, sebagai salah satu mahasiswa Tim KKN II Undip memberikan edukasi kepada warga terkait hubungan antara menjaga postur tubuh dengan produktivitas kerja dan penyakit Musculoskeletal disorders (MSDs). Kegiatan edukasi tersebut berbentuk sosialisasi yang dilakukan di tengah-tengah acara posyandu anak dan lansia pada tanggal 14 Juli 2022 di balai RW 3 Kelurahan Kemirirejo. Shania juga mendatangi beberapa rumah lansia yang tidak dapat hadir saat kegiatan posyandu lansia untuk dilakukannya edukasi secara door-to-door.

Sosialisasi (Dokpri)
Sosialisasi (Dokpri)

Postur tubuh yang baik disampaikan dengan visualisasi dalam leaflet dan diperagakan secara langsung di depan warga. Di dalam leaflet tersebut diterangkan lebih detail mengenai jenis-jenis MSDs dan bagaimana postur tubuh yang baik saat kerja.

Leaflet (Dokpri)
Leaflet (Dokpri)
Postur tubuh yang baik yang diangkat yaitu saat kerja, saat masak, dan saat beraktivitas sehari-hari di rumah. Postur kerja merupakan titik penentu dalam menilai keefektivan dari suatu pekerjaan (Susanti, L, dkk., 2015). Apabila postur tubuh orang saat kerja tidak ergonomis akan mudah kelelahan dan terjadi kelainan pada tulang atau menimbulkan penyakit Musculoskeletal disorders (MSDs). Musculoskeletal disorders adalah cidera atau penyakit pada sistem syaraf atau jaringan seperti otot, tendon, ligamen, tulang, sendi, dan tulang rawan atau pembuluh darah. Jenis-jenis MSDs ada berbagai macam namun yang paling sering terjadi pada ibu-ibu dan lansia adalah low back pain disebabkan oleh postur tubuh yang salah saat bekerja.

Dokumentasi Kegiatan Sosialisasi (Dokpri)
Dokumentasi Kegiatan Sosialisasi (Dokpri)

Setelah acara, setiap warga mendapat leaflet yang dapat dibaca kembali saat di rumah dan disampaikan kepada anggota keluarga warga. Harapan dari kegiatan ini adalah warga memiliki kesadaran yang tinggi untuk menjaga postur tubuh yang baik saat kerja seperti saat menggunakan komputer, mengangkat beban, dan memasak untuk meningkatkan produktivitas kerja dan mencegah terjadinya MSDs.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan