Mohon tunggu...
Shairul Annam
Shairul Annam Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Pamulang

Keep Writing

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Pelatihan Microsoft Office sebagai Upaya Pembekalan Siswa-Siswi MI Al-Muhajirin dalam Mengarungi Era Globalisasi

26 Oktober 2021   10:49 Diperbarui: 26 Oktober 2021   11:27 137 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mahasiswa Teknik Informatika Unpam melaksanakan PKM di MI Al-Muhajirin (16/10/2021)/dokpri

Tangerang, 16 Oktober 2021 -- Dalam rangka melaksanakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi,  Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Pamulang melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Madrasah Ibtidaiyah Al-Muhajirin Kec. Benda, Kota Tangerang, Banten.

Kegiatan PKM tersebut mengangkat tema “Pengenalan dan Pelatihan Perangkat Lunak Microsoft Office (Word, Excel & Power Point)”. Kegiatan ini didampingi oleh Dosen Pembimbing Tio Andrian S.T., M.Kom.

MI Al-Muhajirin merupakan salah satu satuan pendidikan dengan jenjang MI (Madrasah Ibtidaiyah) di Benda, Kec. Benda, Kota Tangerang, Banten. Dalam menjalankan kegiatannya, MI Al-Muhajirin berada di bawah naungan Kementerian Agama yang berstatus swasta. Kurikulum pada Madrasah ibtidaiyah ini sama dengan kurikulum Sekolah Dasar pada umumnya, hanya saja pada Madrasah Ibtidaiyah ini terdapat mata pelajaran tambahan mengenai pembelajaran Agama Islam seperti Alquran dan hadits, Fiqih dan Bahasa Arab.

Dari hasil wawancara dengan pemilik sekolah, bahwasannya murid-murid MI Al-Muhajirin masih banyak yang belum mengenal tentang Microsoft Office dan memiliki keterbatasan untuk menggunakan komputer. Dengan mempertimbangkan hasil wawancara tersebut, maka pada kegiatan ini kami memberikan pelatihan dasar dan pengenalan tentang Microsoft Office (Word, Excel & Power Point) kepada murid-murid di MI Al-Muhajirin dengan tujan untuk memberikan bekal kepada para siswa yang suatu saat nanti pasti akan menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi sehingga mereka dapat terbantu ketika ada tugas yang harus menggunakan Microsoft office tersebut.

Pelatihan ini juga diharapkan dapat memberikan motivasi kepada para siswa untuk menumbuhkan semangat dalam mempelajari Teknologi informasi dan komunikasi, karena pada dasarnya diera globalisasi ini teknologi merupakan hal yang wajib dikuasai oleh setiap orang termasuk siswa dan siswi MI Al-Muhajirin.

“Saya sangat berterima kasih kepada mahasiswa Universitas Pamulang yang sudah bersedia melaksanakan kegiatan PKM di sekolah kami, semoga kedatangan mahasiswa dari Universitas Pamulang ini dapat memberikan banyak ilmu kepada siswa dan siswi kami.” Ujar wakil kepala sekolah MI Al-Muhajirin Bapak Jakwan, S.Pdi. saat memberikan sambutan pada Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan oleh Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Universitas Pamulang

Wakil Kepala Sekolah tersebut menambahkan, Mereka akan selalu terbuka kepada Mahasiswa yang ingin melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat disekolahnya. Karena menurutnya kegiatan seperti ini sangat positif dan dapat membantu para siswa dalam mempelajari ilmu-ilmu baru.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan