Mohon tunggu...
Media

Blog Pada Jurnalistik di Era New Media

26 Mei 2017   01:13 Diperbarui: 26 Mei 2017   03:20 624 0 0 Mohon Tunggu...
Blog Pada Jurnalistik di Era New Media
tumblr.com

Setelah membahas beberapa kemajuan media dan juga jurnalistik online, kali ini saya akan membahas bagaimana kemajuan tersebut membuat semua orang juga ingin menyampaikan informasi melalu sebuah diaryyang disebut dengan ‘Blog’.

Apa itu blog? Blog itu adalah singkatan dari web log,isinya adalah situs yang berisi informasi dan dipublikasikan melalui intenet, yakni melalui sistem dokumen hypertext.Bisa dikatakan secara lain bahwa blog ini juga bisa dikatakan sebagai catatan harian. Dengan demikian, si penulis dapat menuliskan apa saja yang ia rasakan, atau alami kedalam blog nya.

Blog pada dasarnya adalah jurnal yang ada di website.Aktivitasnya disebut bloggingdan seseorang yang menulis di dalam Blog tersebut disebut dengan Blogger.

Tampilan blog biasanya lebih simple dan juga sederhana, karena banyak sekali templateyang unik dan juga bagus. Gaya Bahasa yang digunakan didalam blog juga biasanya bebas dan tidak formal berbeda dengan situs website yang didomain secara formal dan juga berisikan beberapa ketentuan seperti contohnya saja www.chevron.com bisa dibilang formal karena menggunakan domain ‘www’dan juga Bahasa yang jauh sangat formal disbanding dengan blogspot.com.

Secara tidak langsung dengan adanya Blog ini membuat suatu kemajuan dari jurnalistik online karena pengaplikasiannya di bidang new media.Tidak lupa bahwa walaupun berkembangnya teknologi dan juga media yang digunakan, harus selalu diingat bahwa nilai-nilai jurnalistik harus selalu lekat dalam pengaplikasiannya di new mediajuga.

Beberapa nilai-nilai berita yang ada, diantaranya adalah:

  • Magnitude

Seberapa luas pengaruh suatu peristiwa bagi publik atau masyarakat luas.

  • Significance

Seberapa penting arti suatu peristiwa bagi public.

  • Actuality/timeliness

Tingkat aktualitas suatu peristiwa yang baru saja terjadi.

  • Proximity

Kedekatan secara geografis dan psikologi.

  • Prominence

Ketokohan orang yang terlibat dalam sebuah berita.

  • Impact

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x