Mohon tunggu...
Shafa Varera
Shafa Varera Mohon Tunggu... Be better everytime

bercerita untuk berbagi dan bermanfaat. mom's of two child and a wife, blogger and listener

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Kulwap Dapur Ibu Pintar Tahap Persiapan

24 Oktober 2020   04:11 Diperbarui: 24 Oktober 2020   04:52 21 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kulwap Dapur Ibu Pintar Tahap Persiapan
sumber: dokumen pribadi

Awal bulan ini , ada seorang teman mengajak untuk ikut kulwap dapur pintar. Intinya bagaimana menelola keuangan belanja rumah tangga aar tidak banyak kebocoran, bagaimana merencanakan kebutuhan dapur dengan cerdas mulai dari persiapan, merapikan kulkas dan memasak cepat tanpa ribet. Tertarik dong, secara emak ada dua anak balita yang super aktif harus diurus. 

Temanya Kupas Tuntas Ibu Pintar mengurus  soal Perdapuran di Rumah. Biasanya kalau ikut kulwap parenting atau apapun, pasti bacanya kapan sempet karena memang waktu baca udah sangat sempit. Apalagi si Mbak dan adek yang masih butuh ekstra perhatian membuat Emak tidak bisa lama memegang gawai.

Namun, kulwap kali ini berbayar, sepertinya kulwap berbayar tidak akan sekedar memberi materi dan tanya jawab saja. Kulwap berbayar biasanya akan lebih serius dengan pemberian tugas.

Memastikan dulu kalau pemberian materi tidak via zoom dan mempertimbangkan memang Emak sedang butuh referensi mengurus dapur karena selama ini kulwap hanya tentang parenting saja, jadilah mengiyakan ajakan teman lama di sebrang pulau itu untuk bisa dapat diskon 10k kalau ikut 2 orang bersamaan (tetep ya cari yang lebih hemat). Nah, kami menadapatkan bonus satu bumbu kare jepang instant dan satu sambal siap makan. 

Tibalah hari pertama pemberian materi hari Senin. Materi pertama adalah tentang persiapan. Mempersiapkan belaja bulanan dan belanja mingguan menjadi penting agar tidak banyak kebocoran karena harus membeli eceran.

Kami Diminta membuat list belanja bulanan dan untuk sayuran kami diminta mmebuat list belanja mingguan dengan acuan menu seminggu yang sekiranya akan kami buat. Mempersiapkan menu seminggu lalu menuangkannya dalam list belanja mingguan akan sangat membantu untuk menghindari banyaknya kelupaan saat akan memasak dan membuat kebocoran uang belanja pun menjadi sedikit. 

Tugas di submit di social media masing-masing peserta dengan mengetag penyelenggara kulwap. Emak yang setiap pagi ribet dengan urusan rumah dan duo krucil tidak smepat mengerjakan tugas kulwap. Akhirnya, di hari yang keempat, tugas pun dirapel.

Tugas pertama membuat daftar belanja bulanan  dan membuat menu set dalam satu minggu. Ada beberapa referensi menu set di beberapa IG yang sering memposting menu makanan harian.

Terkadang, saking banyaknya yang harus dikerjakan, menu harian pun jadi hal yang membingungkan. Menggabungkan sayur, lauk yang cocok dan enak untuk keluarga itu tidak mudah.

Anak-anak dan Ayahnya suka bosan kalau makanan dari pagi sampai malam sama, jadilah sebenarnya sering sarapan itu berbeda dengan yang lain. Roti, jagung rebus atau donat menjadi pilihan mereka yang mungkin tidak terlalu mengenyangkan. Tak jarang mie goreng/kuah atau nasi goreng menjadi menu selingan saat sarapan atau malam hari.

Makaroni juga menjadi salah satu ite yang harus ada karena anak-anak kalau susah makan atau tidak ada makanan, makaroni bisa menjadi pilihan dengan menambahkan telur, keju dan susu atau hanya direbus saja dengan garam dan merica ditambah sedikit bwang bombai.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN