Mohon tunggu...
Shafa NabilahNurbanisiah
Shafa NabilahNurbanisiah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Pendidikan Indonesia

Stay Positive

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pelayanan Perpustakaan di Taman Baca Adiva Cicalengka oleh Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

10 Agustus 2022   15:20 Diperbarui: 10 Agustus 2022   17:30 114 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Cicalengka (19/07/2022) - Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) telah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Tematik yang bertemakan "Pemberdayaan Masyarakat Berbasis SDG'S Desa dan MBKM". Kegiatan KKN ini dilaksanakan selama satu bulan, dimulai dari tanggal 11 juli sampai dengan 11 agustus 2022 dan dilakukan secara daring di daerah yang sudah ditentukan oleh mahasiswa itu sendiri.

Terlaksananya pemberdayaan masyarakat ini menjadi tujuan dan target utama diadakannya kegiatan KKN Tematik yang diselenggarakan melalui berbagai macam program yang terdiri dari Desa tanpa kemiskinan, tanpa kelaparan, Pendidikan berkualitas, kesetaraan gender, air bersih dan sanitasi layak, energi bersih dan terjangkau, pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, berkurangnya kesenjangan, kota dan dan komunitas berkelanjutan, konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab, penanganan perubahan iklim, ekosistem laut, ekosistem daratan, perdamaian, keadilan dan kelembagaan yang tangguh, dan kemitraan untuk mencapai tujuan. Sesuai dengan komponen tema SDGs KKN tematik yang telah ditetapkan, kelompok 99 mendapatkan tema Pendidikan sepanjang hayat.

Kelompok 99 telah melaksanakan 6 program kerja sesuai dengan tema yang telah ditetapkan. Keenam program kerja itu terdiri dari pembuatan media ajar dan produk keset aksara sunda, pembelajaran aksara sunda pada kelas 5 dan 6 di SDN Sawahlega 01 Cicalengka, pelatihan tari tradisonal pada kelas 7 dan 8 di SMP Karya Pembangunan Cicalengka, sosialisasi leadership dan pelaksaan pelantikan pramuka di SMP Karya Pembangunan Cicalengka, acara mengenang 100 tahun Chairil Anwar dengan Pohaci Foundation di Taman Baca Adiva, serta pelayanan perpustakaan di Taman Baca Adiva.

Taman Baca Adiva merupakan perpustakaan yang ada didesa Nagrog, kecamatan  Cicalengka. Taman baca ini merupakan salah satu sumber belajar yang sangat penting dalam melayani kebutuhan masyarakat setempat, terutama kebutuhan anak sekolah.  Taman Baca Adiva menyediakan sejumlah bahan pustaka yang berupa buku maupun non- buku seperti klipping, majalah, surat kabar, peta, dan gambar-gambar. Salah satu program kerja yang dilakukan di taman baca ini adalah pelayanan perpustakaan.

Perpustakaan merupakan salah satu lembaga pelayanan masyarakat yang bertujuan mulia yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Perpustakaan dituntut untuk selalu berperan dalam meningkatkan pengetahuan dan wawasan masyarakat di sekitarnya dengan menyediakan bacaan-bacaan yang dapat menunjang tujuan tersebut. Dalam menyelenggarakan kegiatan layanan perpustakaan, harus terdapat beberapa unsur utama, di antaranya fasilitas layanan perpustakaan, bahan pustaka yang dapat disediakan, pemustaka yang membutuhkan, dan petugas layanan.

Dalam membantu melayani perpustakaan di Taman Baca Adiva, kelompok 99 melakukan tugas layaknya seorang pelayan perpustakaan, yaitu melayani peminjaman buku, melayani pengembalian buku-buku yang telah dipinjam, memberikan bantuan informasi kepada semua pihak, terutama pada anak-anak sekolah, serta menyusun koleksi/bahan-bahan pustaka sesuai dengan peraturan yang ada di Taman Baca Adiva. Kegiatan tersebut dilakukan pada tanggal 19 Juli dan 21 Juli 2022 dari pukul 08.00 - 12.00 WIB.

Selama kegiatan tersebut berlangsung, kelompok 99 merancang sebuah program pendataan buku secara otomatis dengan menggunakan komputer agar lebih praktis dan menghemat waktu. Selain itu, kelompok 99 juga melakukan strategi pelayanan perpustakaan dimulai dari penataan fasilitas seperti rak buku, meja baca, meja pengelola, dekorasi ruangan, dan penataan buku dan non buku berdasarkan klasifikasinya. Hal tersebut dilakukan agar perpustakaan ramai pengunjung tanpa harus dipromosikan. Bahkan pembelajaran pun bisa dilakukan di perpustakaan sesuai dengan materi ajar. Kondisi tersebut akan membuat masyarakat, terutama anak sekolah yang sering datang ke taman baca tersebut merasa senang dan betah tinggal di perpustakaan dan tanpa disadari minat bacanya akan terus meningkat.

Dengan adanya taman baca adiva ini diharapkan bisa membuat masyarakat setempat lebih peduli terhadap pentingnya literasi. Juga tidak lupa untuk mengajak kepada masyarakat setempat untuk selalu datang dan membaca buku agar pemahaman literasinya semakin tinggi. Semoga taman baca adiva juga selalu menjadi taman baca yang ramai dikunjungi oleh masyarakat setempat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan