Mohon tunggu...
Shabrina Adilah
Shabrina Adilah Mohon Tunggu... Dosen - shbrinadlr

apa yang melewatkan tidak akan pernah menjadi takdirku dan apa yang ditakdirkan untukku tidak akan pernah melewatkanku

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Teori Belajar sebagai Sarana Perkembangan Psikologi

5 Oktober 2020   23:50 Diperbarui: 6 Oktober 2020   00:03 176 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Belajar adalah proses perubahan tingkah laku dan ilmu pegetahuan. Proses belajar menjadi satu sistem dalam pembelajaran. Adapun sistem pembelajaran terdiri dari beberapa komponen yang saling berinteraksi satu sama lain, yaitu : siswa, tujuan, materi, media, metode, dan evaluasi. Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. teori belajar dalam psikologi merupakan konsep kerangka kerja dalam psikologi yang bersangkutan dengan bagaimana pengetahuan diserap, lalu diproses dan kemudian dipertahankan dalam proses pembelajaran. Suatu pembelajaran yang keliru jika sumber belajar berarti diluar apa yang dimiiki guru, atau siswa. Guru merupakan sumber belajar utama, yaitu dengan segala kemampuan, wawasan keilmuan, keterampilan dan pengetahuan yang luas, maka segala informasi pembelajaran dapat diperoleh dari guru tersebut. sumber belajar pada dasarnya banyak sekali baik yang terdapat di lingkungan kelas, sekolah, sekitar sekolah maupun masyarakat.

Sumber pembelajaran sangatlah beragam. Menurut Asosiasi Teknologi Komunikasi Pendidikan (AECT)  sumber belajar adalah semua sumber (baik berupa data, orang, atau benda) yang dapat digunakan untuk memberi fasilitas (kemudahan) belajar bagi siswa. Sumber belajar itu meliputi pesan, orang, bahan, peralatan, teknik dan lingkungan atau latar. 

1. Pesan : informasi, bahan ajar, cerita rakyat, dongeng, hikayat dan sebagainya

2. Orang : guru, dosen, pembicara di workshop, instruktur, siswa, ahli, narasumber, profesor, peneliti, ilmuwan, tokoh masyarakat, pimpinan lembaga, artis dan lain-lain

3. Bahan : buku, koran, internet, film, slides, komik, candi, arca, lukisan, relief dan sebagainya

4. Alat atau perlengkapan : komputer, radio, handphone, kamera, televisi, DVD, papan tulis dan sebagainya

5. Teknik atau metode : pemecahan masalah, diskusi, seminar, permainan, simulasi, talk show dan sebagainya

6. Lingkungan : aula, teman, perpustakaan, sekolah, rumah, studio, pasar dan sebagainya

Teori belajar adalah suatu teori yang di dalamnya terdapat tata cara pengaplikasian kegiatan belajar mengajar antara guru dan siswa. Teori belajar erbagi menjadi 5 antara lain :

1. Teori belajar kognitif

 Kognitif merupakan berpikir, maksudnya aktivitas memahami dan memikirkan setiap kondisi dan tingkah laku yang dilakukan. Teori belajar kognitif merupakan segala sesuatu yang berhubungan dengan berpikir. Mulai berpikir secara individu maupun grup yang nantinya bisa untuk merubah pandangan, sikap dan tingkah laku. karakteristik dari teori belajar kognitif antara lain yakni pada aktivitasnya lebih menekankan pemahaman dari pada mengingat, dalam pembelajaran ini menggunakan soal untuk memecahkan masalah. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan