Mohon tunggu...
Shabilah Aulia Zahra
Shabilah Aulia Zahra Mohon Tunggu... Mahasiswa - Blog

Menulis adalah seni

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Definisi Buku Bermutu

26 September 2021   21:58 Diperbarui: 26 September 2021   22:06 75 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Definisi Buku Bermutu
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Definisi buku bermutu itu apasih? Mungkin masih banyak khalayak manusia yang belum paham apa definisi buku bermutu itu atau masih banyak yang menerka-nerka perihal perbedaan buku bermutu dengan buku yang tidak bermutu, agar dapat lebih memahami lebih lanjut tentang buku bermutu, yuk baca dan simak artikel berikut.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai definisi buku bermutu, sebaiknya kita bahas dulu tentang membaca. Apa arti membaca buku, manfaat membaca buku, jenis buku dan genre buku.

Membaca buku, membaca adalah sebuah kegiatan memahami makna tulisan, sedangkan buku adalah lembaran kertas yang berisi tulisan. Mungkin sebagian besar orang sudah mengetahui apa itu buku. Ya, buku merupakan gudang sumber berbagai macam ilmu, yang dimana setiap buku pasti berisi ilmu pengetahuan, maka dari itu dengan membaca buku secara tidak langsung ilmu dan wawasan kita sebagai pembaca akan bertambah. Ada pepatah juga pernah mengatakan bahwa membaca adalah jendela dunia, yang artinya adalah dengan membaca kita bisa tahu berbagai macam pengetahuan dari dalam maupun dari luar.

Manfaat membaca buku tentu banyak sekali, salah satunya adalah menambah sumber ilmu pengetahuan. Namun bukan hanya itu saja, dengan membaca kita juga dapat mengasah daya ingat kita, karna dalam membaca kita menggunakan akal dan juga imajinasi kita untuk mencerna serta memahami isi bacaan serta menggali berbagai informasi suatu pesan yang ditulis oleh penulis.

Membaca buku juga sebaiknya diterapkan sedari dini pada anak, agar anak akan terbiasa dengan membaca. Membaca buku sedari dini sangat bagus untuk menerapkan sistem literasi buku. Manfaat membaca buku sedari dini, yaitu mendorong anak agar memiliki rasa haus dan rasa ingin tahu akan ilmu pengetahuan serta meningkatkan intelektualitas pada anak.

Buku terdiri dari dua jenis, yaitu buku cetak dan buku elektronik. Buku cetak adalah karya yang berisi teks, gambar ataupun keduanya, buku cetak bersifat cetakan, berisi dari lembar-lembar kertas halaman. Sedangkan buku elektronik adalah buku yang berisi teks, gambar dan audio, buku elektronik bersifat digital, biasanya berada di gadget.

Dalam membaca tentunya pembaca memilih buku bacaan yang cocok. Cocok yang dalam artian nyaman dibaca. Contohnya dari segi genre. Genre dalam buku bacaan ada lima, yaitu genre romantis, genre misteri, genre horor, genre komedi dan genre inspiratif. jika pembaca menyukai hal yang berbau lelucon, pasti pembaca tersebut akan memilih buku bacaan yang bergenre komedi. Begitupun sebaliknya, jika pembaca lebih menyukai hal yang berbau percintaan, ia pasti akan memilih genre romantis untuk dibaca.

Sebagai penggemar membaca buku pasti ingin membaca buku yang bermutu bagus. Berikut cara mengetahui bahwa buku yang akan kita baca bermutu bagus atau tidak.

 Definisi Buku Bermutu

Buku bermutu yaitu buku yang memenuhi persyaratan dan standar mutu yang mencakup standar isi materi, standar penyajian, standar desain dan standar grafika.

Standar, kaidah, dan kode etik pemerolehan naskah dan penerbitan buku merupakan pedoman untuk menghasilkan buku yang bagus dan bermutu. Kaidah dalam pemilihan bahasa yang baik dan benar, yaitu pedoman umum pada Ejaan Bahasa Indonesia, Kamus Besar Bahasa Indonesia, dan Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan