Mohon tunggu...
shafira adlina
shafira adlina Mohon Tunggu... Freelancer - Seorang Mamah Blogger, Asesor dan Fasilitator.

Jadilah pengubah keadaan dan bukan menjadi korban dari perubahan. Temui aku juga di https://www.ceritamamah.com

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Ketika Internet Gangguan, Apa yang Harus Kita Lakukan?

5 Desember 2021   08:38 Diperbarui: 5 Desember 2021   08:49 431
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Olahan pribadi dengan canva.com

Kebutuhan internet akhir-akhir ini bisa dibilang sejajar dengan kebutuhan pangan ga sih? Kemana-mana sekarang kita carinya charger-an kalau batre mulai drop. Setiap di sampai di fasilitas umum sering bertanya apa user dan password WiFi.

Jelas karena segala kebutuhan kita terekam pada benda betuk persegi itu, ketika flight ke Bangka kemarin. Begitu masuk ruang boarding yang Saya cari adalah stop kontak untuk mengalirkan daya listrik ke baterai handphone saya.

Saya harus isi aplikasi PeduliLindungi, saya juga masih harus koordinasi dengan beberapa kawan soal pekerjaan juga saya harus menghubungi yang menjemput saya di bandara.

Terbayang betapa sulitnya ketika gawai atau internet itu mengalami gangguan. Sama seperti yang dialami teman saya beberapa waktu lalu. Ia bercerita sedang mengalami kesulitan karena provider internetnya tiba-tiba mengalami gangguan. Kalau sudah begini kita harus segera mengadukan keluhannya.

Apa yang harus kita lakukan ketika internet mengalami gangguan?

#1. Cek Gawai Lain

Ketika internet WiFi di rumah mengalami gangguan yang pertama dilakukan adlaah mengecek gawai atau perangkat lainnya yang tersambung WiFi yang sama. Apakah hanya perangkat kita, atau semua perangkat yang tersambung WiFi itu mengalami gangguan.

Ketika menyambung internet WiFi di hotel pun saya mengalaminya. Saya dahulukan bertanya dengan teman saya yang tersambung WiFi sebelum melangkah ke tahap berikutnya. Jika hanya perangkat kita yang mengalami gangguan internet, periksa lebih lanjut.

#2. Pastikan Router WiFi Aktif

Saya pernah mengalami hal ini. Waktu itu saya berada di lantai atas, sementara router WiFi di lantai dasar. Setelah beberapa jam kesulitan menyambung internet WiFi, saya segera bertanya pada adik saya apakah internet IndiHome sedang mengalami gangguan? Ternyata setelah dilihat Routernya sempat dimatikan karena terpencet.

#3. Ajukan Keluhan Pelanggan

Setelah dipastikan gangguan internet bukan berasal dari internal, kita bisa mengajukan keluhan kepada internet provider. Untuk kamu pelanggan IndiHome bisa mengajukan keluhan pelanggan ke customer service dengan 4 cara, yaitu :

#1. Laporkan ganguan internet ke nomer 147

Cara pertama untuk melaporkan gangguan IndiHome bisa dilakukan dengan call 147 cara ini cukup efektif namun membutuhkan pulsa yang cukup untuk menghubunginya.

Jangan lupa sediakan nomor pelanggan yang didaftarkan ya agar mudah untuk proses pengecekan.

#2. Lewat Media Sosial Official

Rasanya kini pelanggan sudah biasa untuk melaporkan keluhannya di sosial media. Namun, bukan untuk menjelek-jelekkan ya. Tetap dengan santun kita bisa loh mengeluhkan dan melaporkan masalah kita, kalau saya pribadi gunakan direct message terlebih dahulu. Baru setelah beberapa waktu belum dikonfirmasi baru sampaikan pada kolom komen atau tweet karena bisa dilihat orang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun