Mohon tunggu...
shafira adlina
shafira adlina Mohon Tunggu... Freelancer - Seorang Mamah Blogger, Asesor dan Fasilitator.

Jadilah pengubah keadaan dan bukan menjadi korban dari perubahan. Temui aku juga di https://www.ceritamamah.com

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

PeduliLindungi, Aplikasi yang Membantu Ibu di Tengah Pandemi

4 September 2021   21:31 Diperbarui: 4 September 2021   21:39 138 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

"Mam, udah cek sertifikat vaksin belum?"

Ingat suamiku selepas aku vaksin pertama di puskesmas. Saya pun mencari caranya bagaimana untuk mengakses sertifikat vaksin ini. Ternyata ada satu aplikasi yang dibuat  dapat mengakses sertifikat tersebut yaitu PeduliLindungi.

PeduliLindungi, Satu Aplikasi Ragam Kegunaan

Singkat cerita akupun mengunduh aplikasi PeduliLindungi dari Google playstore. Untuk teman-teman yang menggunakan produk apple dapat mengunduh aplikasi PeduliLindungi ini app store.

Tidak hanya untuk melihat sertifikat vaksin, dengan aplikasi ini kita juga membantu mobilitas selama di luar rumah. Seperti aplikasi TraceTogether di Singapura, di PeduliLindungi kita dapat melakukan tracing terhadap virus Covid-19. dengan melacak penyebaran Covid-19, aplikasi ini membantu pemerintah terkait untuk meredakan penyebaran virus bermahkota ini. Apa saja manfaat dari aplikasi PeduliLindungi ini yang sudah dirasakan? Yuk, simak di bawah ini.

Pendaftaran Vaksin

Adik saya yang seorang ibu dengan satu bayi tinggal di daerah Tangerang. Tanpa asisten rumah tangga, dan suami yang bekerja seorang teknisi di bagian listrik tidak mengenal apa itu Work from home. Sang suami tetap harus pergi bekerja bahkan harus keluar kota jika ada panggilan. Terbayang bagaimana tantangannya setiap hari. Oleh sebab itu sampai beberapa minggu lalu ia belum sempat vaksinasi Covid-19.

Baru-baru ini bercerita bahwa ia mendapatkan kemudahan untuk mendaftarkan vaksinasi dengan aplikasi PeduliLindungi  ini. Jika teman-teman ada yang belum mendapatkan vaksin, bisa dicoba dengan menggunakan aplikasi ini dengan dibantu aparat RT setempat.

Proses registrasi di PeduliLindungi sangat mudah. Cukup masukkan nama dan email kita, tidak lama setelahnya akan dikirimkan kode aktivasi via email. Proses pendaftaran yang mudah tidak lain untuk meringankan masyarakat yang belum memiliki gawai sendiri ataupun golongan yang belum terbiasa oleh teknologi.

Informasi Zonasi Penyebaran Covid-19

Aplikasi yang berwarna biru ini juga memberikan informasi zonasi penyebaran Covid-19 sesuai lokasi yang dipilih. Seperti yang saya lakukan untuk mengecek beberapa anggota keluarga saya yang tinggal di luar kota. Saya merantau ke Jakarta sementara Ibu saya tetap tinggal di Sukabumi kadang ada rasa khawatir bagaimana perkembangan penyebaran virus ini di sana. Apalagi Ibu saya seorang guru, kadang harus melakukan tatap muka untuk mengurus kegiatan mengajar meskipun pembelajaran lewat dari. Begitu juga kakak-kakak saya ada yang di Cikarang dan Bogor. Untuk meredakan kekhawatiran informasi zonasi persebaran virus ini sangat membantu untuk meningkatkan kewaspadaan.

tangkapan layar PeduliLindungi (dokumentasi pribadi)
tangkapan layar PeduliLindungi (dokumentasi pribadi)

Tampilan Aplikasi PeduliLindungi 

Aplikasi yang dibuat pada tahun 2020 ini memiliki tampilan utama dengan 3 tab, yaitu statistik, home dan akun. Pada fitur statistik kita dapat melihat statistik kasus Covid-19 di sekitar kita. Contohnya tanggal 4 september 2021 saya periksa ternyata di kelurahan cililitan ada 30 orang yang terkonfirmasi. Tentu hal ini membuat kita waspada. Selain itu kita bisa melihat tren kasus di sekitar kita, apakah meningkat atau menurun. Ketika kasus di sekitar meningkat, tentu saya harus memperketat mobilitas orang-orang di rumah agar sebisa mungkin tidak keluar rumah.

Teledokter, Fitur konsultasi dengan Dokter yang Memudahkan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Digital Selengkapnya
Lihat Digital Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan