Mohon tunggu...
Safira PutriHuriya
Safira PutriHuriya Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Tingkatkan Kreativitas Siswa, KKN UM Adakan Pelatihan Melukis untuk Anak SD

24 Juni 2019   12:13 Diperbarui: 24 Juni 2019   12:31 34 0 0 Mohon Tunggu...

Mahasiswa Universitas Negeri Malang yang berada di Desa Tulung Kecamatan Sampung sukses melaksanakan program kerja pelatihan melukis di SDN 3 Tulung. Pasalnya siswa sangat semangat dan antusias ketika mahasiswa menjelaskan akan melakukan pelatihan melukis untuk mereka. Terlebih semua alat dan bahan sudah disediakan oleh panitia. Bahkan ada siswa yang membuat lebih dari satu lukisan.

Pelatihan yang diadakan di sekolah dasar ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam bidang melukis. "Ya, memang tujuan kita untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam melukis serta kreativitas siswa dalam memadukan warna-warna. Selain itu, juga mengisi waktu karena semua kegiatan di sekolah sudah selesai," jelas Bahrul Ulum selaku penanggungjawab kegiatan pelatihan melukis. Sambutan yang baik juga datang dari pihak SDN 3 Tulung. Mereka mengaku cukup senang dengan adanya pelatihan melukis yang diadakan oleh tim KKN UM di Desa Tulung.

Tidak hanya pelatihan melukis, panitia juga mengajak siswa untuk membuat sendiri bingkai lukisan mereka. Untuk memaksimalkan kreativitas, panitia mengajak siswa memanfaatkan kardus bekas untuk dijadikan bingkai. Penggunaan kardus bekas sebagai bingkai ini karena panitia sering melihat banyak kardus tidak  terpakai di toko-toko kelontong di sekitar Desa Tulung sehingga panitia berinisiatif untu memanfaatkan kardus tersebut.

"Hasil karya siswa-siswa ini nantinya kita kembalikan lagi pada siswa, jadi mereka bisa menunjukkan pada orang tua hasil dari pelatihan melukis," jelas Ulum. Lukisan-lukisan siswa sekolah dasar ini dapat dikatakan cukup bervariasi, kebanyakan dari mereka sudah pandai memadkan berbagai warna agar terlihat indah. Bahkan salah satu siswa mengaku bahwa lukisan tersebut akan dipajang di rumah sebagai kenang-kenangan.

Tim publikasi KKN UM Desa Tulung, Kecamatan Sampung, Kabupaten Ponorogo

VIDEO PILIHAN