Mohon tunggu...
sarifudin
sarifudin Mohon Tunggu... Advokat dan Konsultan Hukum

Saat ini menjadi advokat dan Konsultan hukum di Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Karir Artikel Utama

Melihat Lebih Dekat Seperti Apa Ujian Online CPNS

7 Oktober 2019   00:13 Diperbarui: 8 Oktober 2019   05:22 0 3 2 Mohon Tunggu...
Melihat Lebih Dekat Seperti Apa Ujian Online CPNS
ilustrasi mengerjakan ujian CPNS. (Dok. Kemendikbud)

Sedikit berbagi informasi pengalaman saya mengikuti ujian CPNS online. Saya bagikan informasi ini karena menurut saya sangat penting mengerti dan mengetahui seperti apa sih ujian CPNS setelah dengan sistem online. 

Persiapan sebelum ujian

Sebaiknya jika akan mengikuti ujian CPNS selalu siapkan segala sesuatunya. Seperti tempat ujian, karena banyak peserta tidak tau tempat ujian akhirnya mereka mengalami kesusahan cari tempat parkir karena mereka bawa kendaraan sendiri. 

Bagi yang tidak bawa kendaraan sendiri lebih baik juga tau jalur-jalur kendaraan yang harus di naiki. 

Gambaran Sebelum Ujian 

Kalau bisa usahakan hadir 90 menit sebelum ujian dimulai. Pada saat saya ikut ujian, saya termasuk ujian sesi 1, oh iya biasanya terbagi beberapa sesi, jadi untuk sesi 1 biasanya ujian dimulai dari jam 08.00-09.30 (WIB) untuk lokasi ujian saat itu ujian saya di Kantor Walikota Jakarta Barat. 

Sekitar jam 06.00 sampai dengan 06.30 panitia ujian akan memaparkan prosedur dan syarat-syarat untuk mengikuti ujian. Pemaparan tersebut diantaranya adalah aturan terkait barang dan atau benda apa saja yang boleh dibawa masuk ke ruang ujian. 

Perlu dicatat dengan baik barang-barang yang tidak boleh dibawa masuk misalnya seperti dompet, uang, HP, sabuk, kunci kendaraan, kemudian papan tulis, kertas, tisu, dan intinya semuanya Kecuali Kartu Ujian dan KTP atau bukti rekaman KTP. Saran bawa barang sesuai yang dibutuhkan saat ujian saja. 

Setelah itu panitia ujian masih menunggu peserta yang belum hadir karena biasanya ada pula ada beberapa peserta yang agak terlambat, sambil panitia memanggil peserta ujian berdasarkan nomor urut ujian untuk maju kedepan sebagai persiapan menuju ke ruang absensi peserta. 

Biasanya peserta dipanggil berdasarkan nomor urut yang terkecil dari mulai 1 sampai dengan 20, terus 20 sampai 40, dan 40 sampai 60 dan seterusnya. 

Panitia juga akan memanggil ulang sampai beberapa kali untuk sampai betul-betul semua peserta seleksi tersebut full dan hadir semuanya. Jika waktu pemaparan sudah selesai maka semua peserta pada tahap selanjutnya adalah melakukan absensi atau daftar hadir sebagaimana daftar hadir yang tercantum di papan resmi pengumuman daftar peserta ujian. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3