Mohon tunggu...
SeverinoLH
SeverinoLH Mohon Tunggu... Freelancer - Active Talker

Digital Media Strategy

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Pilih Kampus, Daftar Kuliah Sendirian

11 Januari 2021   20:31 Diperbarui: 11 Januari 2021   20:32 90
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Beberapa tahun lalu saya memulai melanjutkan jenjang studi saya di salah satu perguruan tinggi swasta yang ada di Jogja. Dari awal pencarian, pilih kampus, hingga segala administrasi saya lakukan sendiri.

Tak berbeda dengan perguruan tinggi lainnya, perguruan tinggi yang saya tuju prosesnya sama saja. Mulai dari pendaftaran, ujian, hingga registrasi, alurnya sama. Hanya jadwal saja yang berbeda di setiap perguruan tinggi.

 Untuk penerimaan mahasiswa baru, saya mengikuti seleksi melalui ujian masuk reguler. Saya ambil ujian masuk reguler 1. Di universitas saya ujian masuk reguler ada 3. Bila tidak lulus di ujian masuk reguler 1, bisa mengikuti lagi ujian masuk reguler yang 2 ataupun yang 3.

Tak hanya saringan lewat ujian masuk reguler saja. Di universitas tempat saya kuliah juga menerima mahasiswa baru lewat beberapa jalur, seperti bidikmisi, jalur raport, antara (ujian masuk dari universitas yang diadakan langsung di SMA yang telah berafiliasi dengan universitas).

Pada awalnya saya ada sedikit kekhawatiran untuk mendaftar seorang diri. Ternyata setelah saya jalani semua seorang diri, tidak seperti yang saya khawatirkan. Alurnya mudah diikuti dan dilakukan. Jadi, bagia kalian yang hendak mendaftar kuliah, tidak perlu khawatir bila harus seorang diri. Kalian mungkin perlu sedikit nekat untuk melakukannya secara mandiri, sekalian latihan untuk siap melakukan apa-apa seorang diri. Karena ketika kuliah hal itu akan lebih sering kita lalui.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun