Regional

Kampung Inggris Pare Kota Kecil dengan Impian Besar

13 Oktober 2017   17:26 Diperbarui: 14 Oktober 2017   04:22 153 0 0
Kampung Inggris Pare Kota Kecil dengan Impian Besar
Anak kampung inggris

Kampung Inggris Pare yang terletak di kota kecil Pare masuk wilayah Administrasi Kab Kediri penuh sesak dengan kedatangan anak muda dari berbagai penjuru nusantara dengan sejuta impian besarnya.  Mereka datang jauh-jauh dari daerah asalnya untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggrisnya.

Sebelumnya Pare hanyalah kota kecil yang dalam sejarahnya merupakan tempat peristirahatan raja Majapahit ketika melebarkan kekuasaanya di Jawa Timur wilayah Mataraman. Kata Pare sendiri berasal dari kata Panglerenan dalam bahasa jawa berarti peristirahatan. Dalam Historisnya Pare tidak tersentuh catatan sejarah, Kecuali Candi Surowono dan Candi Tegowangi yang terletak di dekat kota ini yang dibangun ketika majapahit berkuasa. sampai kemudian dari menurut cerita turun temurun Pare merupakan tempat pelarian anak buah Pangeran Diponegoro yang lari ke arah timur kemudian berdiam disekitar Pare.

Pada zaman pendudukan penjajahan Belanda Pare tercatat dalam sejarah menjadi salah satu kota cukup penting diwilayah Kediri, terbukti dengan keberadaan KSM (Kediri Stoomtrampt Maschapij) yang berpusat di Pare dan bukan di Kediri yang merupakan kota Karisedenan pada masanya.

Pare seakan ditakdirkan sebagai kota kecil dengan sejuta impian besar karena keberadaan kampung inggris. Berdirinya kampung inggrispun sebuah kebetulan ketika Mr Kalend yang merupakan murid Santri Gontor berguru kepada Mbah Kyai Yazid yang memiliki kelebihan mempunyai kemampuan menguasai bahasa asing salah satunya bahasa inggris. Kemudian Mr Kalend mendirikan lembaga kursus bahasa inggris yang kemudian menelorkan banyak alumni kursus. Para alumni kemudian mendirikan lembaga kursus serupa di sekitarnya kemudian menjelma menjadi kampung inggris seperti yang kita kenal sekarang.

Saat ini kurang lebih 5000 member kursus dari penjuru nusantara yang datang untuk mewujudkan mimpi besarnya salah satunya dengan penguasaan bahasa inggris ke Pare, maka tak salah jika Kampung Inggris Pare adalah kota kecil dengan impian besar, ya mimpi anak-anak penjuru nusantara yang datang ke Pare.