Mohon tunggu...
Arum Sato
Arum Sato Mohon Tunggu... content writer -

pembelajar

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

UANGKU, E-money Multifungsi

31 Desember 2016   20:06 Diperbarui: 3 Januari 2017   04:31 2526
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Director Marketing GlobalPay Indonesia (UANGKU), Fanny Verona, saat menerima plakat pada acara Kompasiana Nangkring bersama UANGKU. Foto: Arum Sato

UANGKU adalah produk e-money atau uang elektronik yang dikeluarkan (issued) oleh Bank Indonesia kepada PT Smartfren Telecom Tbk, dengan Surat No.16/85/DKSP tanggal 26 Mei 2014. PT Smartfren Telecom Tbk merupakan salah satu perusahaan penyedia layanan telekomunikasi yang berinduk pada Sinar Mas Digital Ventures (SMDV). Guna men-develop produk dan menjalankan strategi marketing, PT Smartfren Telecom Tbk menunjuk GlobalPay Indonesia sebagai mitra strategisnya UANGKU. GlobalPay Indonesia sendiri merupakan perusahaan teknologi keuangan yang beroperasi di bawah Kelompok Uang Digital (Digital Money Group) oleh Sinar Mas Digital Ventures (SMDV). Director Marketing GlobalPay Indonesia (UANGKU) Fanny Verona menjelaskan secara rinci mengenai UANGKU di kantor SMDV, tepatnya D. LAB by SMDV pada Minggu, 30 Oktober 2016. Kebetulan saya turut hadir di sana, pada acara Kompasiana Nangkring bersama UANGKU.

Sebagai e-money atau uang elektronik, maka semuanya dilakukan secara online, baik itu untuk pembelian, pembayaran maupun pengisian saldo. Ya, semua itu dilakukan secara online melalui smartphone. Sebagai produk e-money, jelas bahwa UANGKU sudah pasti bisa digunakan untuk bayar-membayar. Bisa untuk membayar tagihan seperti tagihan ponsel pasca bayar, listrik pasca bayar, air, asuransi, tagihan internet maupun tv kabel. UANGKU juga dapat digunakan untuk pembayaran yang berbasis kode QR. Pemindaian kode QR dapat dilakukan di beberapa toko, kafe maupun restoran yang sudah menjalin kerjasama dengan UANGKU. Selain untuk pembayaran tagihan, UANGKU juga bisa digunakan untuk pembelian. Dengan UANGKU, kita bisa membeli pulsa seluler, pulsa listrik (token) bahkan kredit game pun tersedia.

Selain bisa digunakan untuk pembayaran dan pembelian online, dengan smartphone, UANGKU juga bisa mentransfer sejumlah uang kepada pengguna UANGKU lainnya. Multifungsi juga karena bisa tarik tunai dari UANGKU. Keren, kan? Hal ini bisa dilakukan oleh pengguna yang sudah melakukan upgrade akun atau verivikasi data di Gallery Smartfren Head Office Sabang di Jl H. Agus Salim no.45, Sabang, Jakarta Pusat atau di BSD HQ Office Jl. Pahlawan Seribu. CBD BSD Lot 12.A Tangerang. Upgrade atau verivikasi akun UANGKU dengan cukup membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau kartu identitas lainnya yang masih berlaku.

Nah, bagaimana cara mengisi saldo di UANGKU? Caranya cukup mudah. UANGKU bisa diisi dengan mendatangi Gallery Smartfren Head Office Sabang dan atau BSD HQ Office Tangerang. Cara lain bisa diisi melalui transfer dari Anjungan Tunai Mandiri (ATM), mobile banking maupun internet banking. Maksimal uang yang bisa ditransfer adalah satu juta rupiah. Namun bila kita sudah upgrade, kita bisa mengisi saldo dengan maksimal sampai sepuluh juta rupiah.

Ketika melakukan pengisian saldo UANGKU, saya tidak mendapat sms sebagai bukti transaksi berhasil. Namun saldo saya secara real time bertambah. Foto: Arum Sato
Ketika melakukan pengisian saldo UANGKU, saya tidak mendapat sms sebagai bukti transaksi berhasil. Namun saldo saya secara real time bertambah. Foto: Arum Sato
Saya pun mencoba mengisi saldo dengan transfer dari ATM. Namun tak ada pemberitahuan/sms masuk ketika transaksi berhasil. Padahal, dijelaskan sebelumnya kalau akan ada sms dari UANGKU ketika transfer berhasil dilakukan. Saya sampai mencoba dua kali transfer, namun tetap sama, tak ada pemberitahuan. Namun begitu, saldo di akun UANGKU saya bertambah secara real time. Selanjutnya saya menggunakannya untuk beberapa hal.

Membeli Baju di Media Sosial dengan UANGKU

Untuk bisa menikmati layanan UANGKU, terlebih dulu kita harus mendownload aplikasi UANGKU di smartphone kita. Bisa didownload dari Google Play (Android) dan App Store (iOS). Setelah terinstal, kita cukup mengisi nomer smartphone kita sebagai identitas akun/rekening UANGKU. Setelahnya, maka akan ada Short Message Service (SMS) dari UANGKU yang berisi kode verivikasi guna mengakses UANGKU. Kode inilah yang menjadi personal identification number (PIN) atau password kita dalam mengakses layanan Uangku.

Saya tidak perlu mendonwload aplikasi UANGKU karena smartphone saya keluaran Smartfen yang mana sudah terinstal aplikasi UANGKU. Namun saat saya klik, saya mendapat sms bahwa aplikasi perlu diupdate. Setelah diupdate, baru saya bisa menggunakan layanan UANGKU.

Setelah terupdate, pertama-tama saya melihat dulu saldo di akun/rekening UANGKU saya. Setelah yakin ada dana, barulah saya melihat fitur lainnya. Oh, ya, pertama kali saldo saya diisi oleh UANGKU sebesar Rp.100.000,- dari UANGKU Community. Alhamdulillah, bisa digunakan untuk belanja. Makasih UANGKU.

Setelah memastikan ada saldo, saya mencoba fitur rekening bersama yang dimiliki UANGKU yaitu shopping payment request. Saya mulai berselancar online shop di media sosial, instagram khususnya. Tujuan berselancar disini guna mendapatkan atau menemukan online shop terpercaya. Hingga saat ini, sudah ada 95 online shop yang terafiliasi atau bekerjasama dengan sistem shopping payment request UANGKU. Ada beberapa pilihan online shop yang kiranya cocok untuk saya. Namun akhirnya saya menjatuhkan pilihan ke sebuah butik online shop yaitu Emma Butik. Ketika pilihan online shop terpercaya sudah ditemukan, barulah saya melakukan transaksi dengan mengontak secara personal ke online shop tersebut. Ada nomer kontak yang mudah dihubungi di biografi online shop tersebut.

Bagi saya, memilih online shop terpercaya itu bagai memilih kucing dalam karung. Saya nggak kenal sama sekali dengan mereka, pun sebaliknya. Makanya, saya menilai dari respon mereka sebagai ukuran terpercaya. Ketika responnya bagus, jelas, dan saya sendiri merasa nyaman, maka akan saya lanjutkan untuk bertransaksi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun