Mohon tunggu...
ekoarianto
ekoarianto Mohon Tunggu...

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Resensi Buku "Negara dan Revolusi Sosial; Pokok-pokok Pikiran Tan Malaka"

3 Maret 2019   14:26 Diperbarui: 3 Maret 2019   15:26 530 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Resensi Buku "Negara dan Revolusi Sosial; Pokok-pokok Pikiran Tan Malaka"
Dok Pribadi

Judul Buku     : NEGARA DAN REVOLUSI SOSIAL " Pokok-pokok Pemikiran Tan Malaka"

Penulis            : Fahsin M. Fa'al

Penerbit          : Resist Book

Tahun Terbit : 2010

Tebal Hal        : 221

SINOPSIS BUKU:

Buku ini berisi tentang pokok-pokok pemikiran  Tan Malaka. Pada mulanya buku ini adalah sebuah skripsi yang berjudul " Negara dalam Prespektif Madilog (Biografi Politik Tan Malaka 1896-1949). Kemudian melalui masukan dan revisi maka jadilah sebuah buku bacaan ini. Dalam buku ini  terdapat biografi Tan Malaka, Negara dari Prespektif Kaum Marxis, Negara dan Revolusi Sosial: Pokok-pokok Pikiran Tan Malaka, dan Jalan Menuju Revolusi Sosial: Jejak-Jejak Perjuangan Tan Malaka.

Biografi singkat Tan Malaka, Tan dilahirkan dengan nama Ibrahim, lalu mendapat gelar dengan nama: Sutan Ibrahim Datuk Tan Malaka. Tan lahir di sebuah Desa Padang Gadang, Suliki, Minangkabau, Sumatera Barat, pada tanggal 14 Oktober 1894. Riwayat pendidikan Tan adalah Sekolah kelas dua dari tahun 1903-1905, melanjutkan sekolah guru (Kweekschool) Fort de Kock, lalu menempuh pendidikan di Belanda di sekolah Harlem.

NEGARA DALAM PRESPEKTIF KAUM MARXIS

Menurut Marx negara adalah organ kekuasan kelas, negara menjadi tidak penting manakala keteraturan sosial sudah terwujud. Menurut Lenin Negara adalah adalah aparat penindas; negara adalah pengorganisasian kekerasan demi penindasan salah satu kelas.

POKOK-POKOK PIKIRAN TAN MALAKA

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN