Travel Pilihan

Angker nan Menawan, Jangan Bermalam Sepanjang Pos Pendakian Gunung Ini!

12 Februari 2019   12:44 Diperbarui: 12 Februari 2019   13:52 1073 3 1
Angker nan Menawan, Jangan Bermalam Sepanjang Pos Pendakian Gunung Ini!
Puncak gunung kembang (dokpri)

Gunung Kembang merupakan salah satu gunung yang berada di Jawa Tengah, tepatnya di Dukuh Blembem Kaliurip, Desa Damarkasihan, Kecamatan Kertek, Kabupaten Wonosobo. 

Gunung kembang memiliki ketinggian 2320 MDPL. Gunung Kembang sudah didaki sejak tahun 1993, pada tanggal 1 April 2018 gunung kembang mulai dibuka untuk umum, menurut beberapa warga gunung kembang ini terkenal sangat mistis, bahkan sampai saat ini belum ada warga sekitar yang berani mendaki karena gunung kembang terkenal angker. 

Ada suatu cerita dari penduduk sekitar, pernah ada 25 pendaki ketika menuruni gunung kembang terjadi hal mistis yaitu ke 25 pendaki tersebut menuruni gunung secara terpisah menjadi beberapa jalur, padahal menurut masing-masing pendaki merasa menuruni gunung secara bersama-sama. Jadi jangan heran jika melihat sesajen berupa kembang mawar, kemenyan di gunung kembang. 

Karena keangkeran gunung kembang, maka sangat dilarang mendirikan tenda atau camping di area hutan gunung kembang. Camp hanya diperbolehkan di puncak gunung kembang. 

Gunung Kembang hanya memiliki satu base camp resmi yaitu base camp Blembem. Disekitar jalur pendakian gunung kembang merupakan perkebunan teh milik PT. Tambi. Dengan adanya perkebunan teh menambah keindahan pemandangan gunung kembang.

RUTE PENDAKIAN GUNUNG KEMBANG VIA BLEMBEM

Pendakian gunung kembang memiliki 7 pos, yaitu; Istana Katak, Kandang Celeng, Liliput, Simpang Tiga, Akar, Sabana, dan Tanjakan Mesra. Berikut estimasi waktu pendakian gunung kembang dari pos ke pos.

Pos pertama "ISTANA KATAK"

Pos pertama terdapat sebuah bangunan yang digunakan untuk penimbangan teh. Kenapa dinamakan istana katak?  Alasanya disebelah bangunan tersebut terdapat kolam yang dihuni banyak kecebong, nyatanya ketika musim hujan, kolam tersebut terdapat banyak katak, oleh karena itu, pos satu di gunung kembang dinamakan istana katak. 

Perjalanan dari base camp ke istana katak melewati perkebunan teh dengan pemandangan yang indah, dari base camp ke istana katak memakan waktu normal 25-40 menit.

Dok. wan_qwong
Dok. wan_qwong
Pos Kedua "KANDANG CELENG"

Alasan dinamakan pos kandang celeng karena pos ini adalah gerbang memasuki hutan gunung kembang, nah di hutan gunung kembang masih terdapat banyak celeng/babi. Perjalanan dari istana katak ke kandang celeng ini memakan waktu 15-20 menit.

Dokpri
Dokpri
Pos ketiga "POS LILIPUT"

Sejarah penamaan pos liliput adalah  konon di pos liliput ini pernah terlihat manusia kerdil yang memiliki tinggi  satu meter. Perjalanan dari kandang celeng ke pos liliput sekitar 30-40 menit.

Dokpri
Dokpri
Pos keempat "POS SIMPANG TIGA"

Kenapa dinamakan simpang tiga, karena di pos ini terdapat jalur bercabang yang dulunya digunakan untuk membuka jalur pendakian. Perjalanan dari pos liliput ke pos simpang tiga memakan waktu 30 menit.

Pos kelima "POS AKAR"

Di pos lima terdapat banyak pohon yang akarnya bergelantungan seperti akar pohon beringin. Di pos ini beberapa pendaki dapat berayunan menggunakan akar pohon yang besar tersebut. 

Dari situlah pos kelima ini dinamakan pos akar. Perjalanan dari simpang tiga ke pos akar dapat ditempuh dengan waktu 20 menit. Pemandangan perjalanan dari kandang celeng sampai akar merupakan hutan yang masih asri terawat, banyak pepohonan dan burung-burung yang merdu berkicau.

Dokpri
Dokpri
Pos Keenam "SABANA"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2