Mohon tunggu...
Naufal Qinthara Rasyad
Naufal Qinthara Rasyad Mohon Tunggu... SMAN 28 Jakarta - XI IPS 1 (24)

jangan lupa untuk like dan subscribe

Selanjutnya

Tutup

Digital

Cara Root Ponsel Android

1 Agustus 2020   23:29 Diperbarui: 2 Agustus 2020   14:15 62 8 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Root Ponsel Android
Ilustrasi ponsel Android

Jika Anda pernah meneliti sesuatu tentang ponsel Android di internet, Anda mungkin telah melihat dan membaca tentang "rooting". Ada saat ketika banyak ponsel Android yang tersedia tidak memenuhi ekspektasi, dan root adalah jawabannya. Rooting adalah cara untuk memungkinkan Anda untuk mencoba dan memperbaiki ponsel Anda dengan caranya sendiri. Rooting adalah cara Anda mendapatkan akses lengkap ke semua yang ada di sistem operasi, dan izin itu memungkinkan Anda mengubah semuanya.

Dengan akses root, Anda dapat mengakses dan memodifikasi file yang biasanya tidak dapat diakses, seperti file yang disimpan di partisi /data dan /system. Memiliki akses root juga memungkinkan Anda untuk menjalankan aplikasi pihak ketiga dan menerapkan modifikasi sistem yang mendalam, dan dengan proxy, Anda juga dapat mengakses fitur perangkat tertentu yang sebelumnya tidak dapat diakses.

Tetapi rooting juga dapat membatalkan garansi Anda dan meninggalkan Anda dengan smartphone atau tablet yang rusak. Sebelum melanjutkan, penting untuk memahami bahwa rooting tidak selalu merupakan proses yang mudah dan Anda mungkin menghadapi halangan di sepanjang jalan.

Produsen dan operator akan mencoba untuk mencegah Anda melakukan rooting, dan itu bukan untuk menakut-nakuti Anda. Dalam skenario terburuk, jika Anda tidak mengikuti instruksi dengan benar, itu dapat merusak perangkat Anda secara permanen, tetapi banyak orang merasa bahwa manfaatnya sepadan.

Dengan ponsel yang telah di-root, Anda dapat menghapus bloatware, mempercepat prosesor Anda, dan menyesuaikan setiap elemen tampilan perangkat lunak ponsel Anda.

Apakah sebenarnya yang dimaksud dengan root?

Rooting memungkinkan Anda untuk menyelam lebih dalam ke dalam sub-sistem ponsel. Setelah rooting, Anda dapat mengakses keseluruhan sistem operasi untuk menyesuaikan apa saja pada perangkat Android Anda, dan Anda dapat mengatasi segala batasan yang mungkin diterapkan pabrikan atau operator Anda.

Rooting paling baik dilakukan dengan hati-hati. Anda harus mem-backup perangkat lunak ponsel Anda sebelum menginstal ROM khusus (yaitu sebuah versi Android yang telah dimodifikasi).

Keuntungan dan kerugian melakukan rooting

Dengan rooting, Anda dapat mengontrol hampir setiap aspek perangkat Anda dan membuat perangkat lunak berfungsi seperti yang Anda inginkan. Anda dapat menghapus bloatware (perangkat lunak yang tidak diinginkan yang biasanya disertakan pada perangkat seluler baru oleh pabrikan) yang sebelumnya tidak dapat dihapus.

Pada beberapa perangkat, rooting akan mengaktifkan pengaturan yang sebelumnya dinonaktifkan, seperti tethering nirkabel. Manfaat tambahan termasuk kemampuan untuk menginstal alat khusus dan flash ROM sesuai kemauan Anda, yang masing-masing dapat memberi fitur tambahan dan meningkatkan kinerja ponsel atau tablet Anda.

Rooting ponsel dapat memberi Anda kendali penuh atas sistem, tetapi kewenangan itu dapat disalahgunakan jika Anda tidak berhati-hati. Android dirancang sedemikian rupa sehingga sulit untuk membobol sesuatu dengan profil pengguna yang terbatas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x